METRUM
Jelajah Komunitas

Alasan Tak Boleh Menggunakan Kondom Bekas

KONDOM merupakan satu dari sekian alat kontrasepsi yang sering digunakan. Sayangnya, tak sedikit masyarakat yang masih menggunakan kembali kondom yang telah dipakai, padahal jelas itu tidak boleh.

Konsultan urologi dari rumah sakit Max, Patparganj di India, Shailesh Chandra Sahay, mengatakan, jangan pernah mencuci kondom yang telah digunakan.

Menurutnya, kondom bekas tidak mampu mencegah penularan infeksi penyakit seksual. “Setiap berhubungan perlu kondom baru,” ujarnya dikutip dari indianexpress.com.

Secara medis, lanjut dia, bahan lateks kondom telah rusak saat telah digunakan. Ini mungkin tidak terlihat mata, namun kondom yang dipakai kembali tak berguna mencegah kehamilan dan infeksi penyakit seksual.

Ahli ginekologi dan obstetri, Alyssa Dweck, juga senada dengannya. Kondom yang telah dicuci dengan sabun atau pembersih lainnya pun, tetap tidak berguna.

“Anda harus menggunakan kondom yang sudah melalui pengujian,” katanya.

Ia juga menyarankan agar setiap orang memeriksa masa pakai kondom sebelum menggunakannya. Selain itu, simpan kondom di lingkungan yang sejuk dan jauh dari benda-benda tajam.(M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: