METRUM
Jelajah Komunitas

Apakah Makanan Penyebab Munculnya Jerawat?

BANYAK yang yang bilang bahwa makanan tertentu bisa menyebabkan wajah kita berjerawat. Tetapi apakah itu benar?

Kita lihat dari salah satu contoh seperti susu misalnya. Kemungkinan penyebab jerawat pada susu adalah hormon yang dikandung oleh sapi ketika sapi sedang hamil. Hormon tersebut adalah “IGF 1 (Insulin Light Growth Factor One)”, Progesterone, “DHT (Dihidrotestosterone)” yaitu suatu tipe androgen. Mereka menyebabkan peningkatan produksi sebum yang memainkan peran penting dalam “Patogenesis Acne Vulgaris”. Terlebih lagi, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa susu skim lebih menyebabkan jerawat ketimbang susu biasa karena mengandung lebih sedikit estrogen, suatu hormon yang bisa mengurangi jumlah jerawat.

Bahkan, produk-produk yang mengandung susu pun dapat menyebabkan jerawat. Bukan hanya susu cair saja, tetapi makanan-makanan yang mengandung susu, karena meningkatkan resiko tumbuhnya jerawat adalah hormonnya.

Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi pun diperkirakan berpartisipasi dalam patogenesis dari acne vulgaris. Pola makan pada produk yang mempunyai indeks glikemik yang tinggi seperti nasi, roti, tepung, permen, coklat, atau makanan olahan yang manis seperti selai kacang, sereal dan jus kemasan, bisa menyebabkan Hyperinsulinemia, atau meningkatnya level insulin di darah, yang dapat menstimulasi sekresi androgen.

Pada tahun 2002, suatu penelitian di Papua Nugini dan Paraguay menunjukkan 1.300 subjek yang tidak berjerawat akibat pola makan yang mengandung sangat sedikit glikemik dan lemak.

Lalu, bagaimana dengan kopi?

Kopi, mengandung sangat banyak kafein yang membuat kita siaga dan terjaga. Namun meningkatkan juga respons stres pada tubuh. Stres tidak menyebabkan jerawat, namun bisa memperparah jerawat yang sudah ada. Hormon seperti “kortisol”, dapat meningkatkan jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebacea. Terlebih lagi, minum kopi akan berdampak pada pola tidur kalian. Lebih sedikit tidur, berarti memperparah jerawat. (Matthias Ekaputra W/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: