METRUM
Jelajah Komunitas

B2W Award #2021: Pemberian Penghargaan Terhadap Insan, Institusi dan Kota yang Ramah Sepeda

BIKE to Work (B2W) Indonesia merupakan komunitas gerakan ke-bike-an yang sudah wara wiri selama 16 tahun mengampanyekan budaya bersepeda kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan, mulai dari tema lets act beyond green, share the road, solusi tanpa polusi, hingga hari yang bike.

Pada Selasa (21/12/2021), B2W Indonesia menggelar kegiatan B2W Award #2021 pertama dengan tema “Anugerah Kota Ramah Sepeda”. Acara ini merupakan ajang pemberian penghargaan atau apresiasi terhadap insan pesepeda, komunitas pesepeda, kota, instansi, media, unit usaha, dan sebagainya yang memiliki konsistensi, komitmen atau dedikasi terhadap aktivitas budaya bersepeda, guna mendorong laju pengembangan kota ramah sepeda di Indonesia.

Acara dilaksanakan di Ballroom Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat dan dihadiri para undangan dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pejabat pemerintahan seperti gubernur, walikota, bupati, founder atau sesepuh B2W Indonesia, pengusaha, pesepeda, praktisi, jurnalis dan lain-lain. Sebagian besar yang hadir adalah para penerima penghargaan B2W Award #2021. Karena sesuatu hal, beberapa peraih anugerah berhalangan hadir.

Meskipun kegiatan dilaksanakan secara sederhana tapi mempunyai kesan yang luar biasa bagi seluruh undangan yang hadir, baik penyelenggara, panitia pelaksana, maupun peserta atau tamu undangan. Kehadiran beberapa publik figur sedikitnya telah memberi suasana kegiatan semakin bermakna, seperti Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Diva Dangdut Indonesia Ike Nurjanah, dan Nugie, penyanyi solo kenamaan dan pegiat sepeda harian yang mendapat apresiasi sebagai salah satu insan yang berdedikasi terhadap budaya bersepeda dari kalangan seniman/artis.

Acara diselingi berbagai hiburan drama, musik, dan lagu, namun bukan sekedar menghibur tapi di dalamnya ada edukasi tentang manfaat bersepeda, juga menuai harapan semoga Indonesia menjadi negara yang ramah sepeda. 

Insan pesepeda Penerima Apresiasi Kategori Dedikasi Budaya Bersepeda (Foto: Dok. Pribadi).*

Berikut peraih penghargaan B2W Award #2021 dalam berbagai kategori:

  1. Insan yang Berdedikasi Kepada Budaya Sepeda: Arisiti Madjid, Buya Syafi’i Ma’arif, Rahmat Suprihat, Nugie, Ach. Budi S, Laksamana Pertama TNI Elka Setyawan, dan Ade Putri. Salah satu peraihnya Rahmat Suprihat merupakan sosok inspirator bersepeda dari Bandung yang berprofesi sebagai guru.
  2. Ruang Publik yang Ramah Sepeda: Universitas Indonesia, RSPAD Gatot Subroto, Pondok Pesantren Zainul Hasan Probolinggo, dan MRT Jakarta.
  3. Media Massa/Pers yang Ramah Sepeda: CNN Indonesia, KOMPAS, Republika, Tempo, dan Antara Digital Media.
  4. Unit Usaha yang Berdedikasi Terhadap Budaya Sepeda: Westbike Messenger Service, Yakult Lady Bike, dan Pedagang Kopi Starling.
  5. Pelaku B2W yang Konsisten & Dedikasi selama lebih dari 10 tahun: Agung Adijana, Syaiful Amin, Dani Chagi, Sunanto, Imel S Meli, Rahmidiarti, Kuswandi Ria, B Gerilyadi, Djoko Sumarsono, dan Yatmi.
  6. Komunitas yang Konsisten dan Berdedikasi Menginspirasi Budaya Bersepeda di Indonesia dan Komunitas dengan Program yang Menginspirasi: MTB Federal Indonesia, KOSTI, Raya Bicycle Gank, dan Kargobaca.
  7. Lifetime Achievement Award (Penghargaan Sepanjang Masa): Cucu Hambali.
  8. Insan yang Beredikasi Kepada Budaya Sepeda (Kategori Bupati/Walikota): Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtomo, M.M., M.T
  9. Insan Gubernur yang Berdedikasi Kepada Budaya Bersepeda: H. Ganjar Pranowo
  10. Kategori Kota Ramah Sepeda (Kota Sedang/Kecil): Magelang (Gold), Madiun (Silver), Purwokerto (Bronze), Kediri, Ngawi, dan Salatiga.
  11. Kota Ramah Sepeda (Kota Besar/Ibukota Provinsi): Yogyakarta (Gold), Bogor (Silver), Batam (Bronze), Mataram, Solo, Tanggerang Selatan, Banjarmasin, dan Denpasar.
  12. Kota Ramah Sepeda (Kota Metropolitan): DKI Jakarta (Gold), Bandung (Silver), Surabaya (Bronze), Makassar, dan Medan.

Penghargaan Sepanjang Masa

Pemberian Penghargaan Sepanjang Masa-Lifetime Achievement.*

Syukur Alhamdulillah, dalam kesempatan yang bike ini, Penghargaan Sepanjang Masa diberikan kepada saya.  Sungguh saya tidak menduga terpilih sebagai insan yang layak mendapat penghargaan tersebut. Menurut saya, ada banyak yang lebih pantas mendapatkannya.

Saat menerima penghargaan di atas panggung, Saya berbicara terbata-bata sambil menahan haru dan air mata, bahkan sempat speechless hingga lupa menyapa Gubernur DKI Jakarta, Walikota Bandung, dan lain-lain.

Padahal saya direkomendasikan sebagian besar teman-teman bike dalam kategori pelaku B2W yang konsisten dan berdedikasi lebih dari 10 tahun, meski di kategori ini pun saya tidak berharap banyak karena pada dasarnya saya bukan seorang pekerja tetap di kantoran/perusahaan dan sebagainya.  

Penggunaan sepeda ke tempat kerja, hanya dari tahun 2008 sampai dengan 2014, saat jadi tenaga honorer di sebuah lembaga keagaaman. Tapi sejak 2014 hingga sekarang, sepeda digunakan untuk pergi kemana saja dan sejak tahun 2018, saya sudah mengurangi, bahkan berhenti mengikuti kegiatan bersepeda reguler, rekreasi, dan hobi.

Sekarang lebih fokus, menggunakan sepeda sebagai moda transportasi kemana saja, #biketokamanawae ke berbagai aktivitas, untuk bekerja, berkomunitas, gerakan ke-bike-an dan lingkungan, silaturahmi, rapat, ke rumah ibadah, ke supermarket, ke tempat hajatan, mudik, dan sebagainya.

Itulah yang kemudian saya upayakan dan terapkan menjadi konsep gerakan ke-bike-an selama ini, seperti kampanye, sosialisasi, atau gembar-gembor melalui tulisan dan konten di media sosial untuk mengajak dan menginspirasi banyak orang.

Terimakasih B2W Indonesia, yang telah memberikan Penghargaan Sepanjang Masa kepada saya, pada dasarnya penghargaan itu buat semua publik pesepeda yang telah komitmen, konsisten, dan berdedikasi dalam melakukan gerakan ke-bike-an. 

Terimakasih Forkom Bandung Raya wadah eksistensi saya, dan semua teman-teman bike saya, khususnya yang telah merekomendasikan saya sebagai orang yang layak mendapatkan apresiasi B2W Award #2021.

Terimakasih Bandung Raya, terutama Kota Bandung, bagi saya Bandung bukan sekedar tempat kelahiran saja, tapi merupakan akses kreativitas tanpa batas di sana. Selamat, telah meraih predikat ke-2 sebagai kota metropolitan yang ramah sepeda. Hatur nuhun.

Salam sehat, semangat, dan tetap waspada. Selalu menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan. Selalu bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika. Semoga pandemi segera berlalu. Salam boseh dan go green! (Cucu Hambali)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: