METRUM
Jelajah Komunitas

Beasiswa Doktor dan Magister Doktor Unpad

BANDUNG – Universitas Padjadjaran menyediakan beasiswa pascasarjana bagi calon mahasiswa unggul yang ingin melanjutkan studi ke program doktor (S-3) atau program jalur cepat (fast track) magister-doktor (S-2 dan S-3). Pemberian beasiswa ini untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan, pendaftaran dua program beasiswa tersebut dapat dilakukan melalui jalur pendaftaran pascasarjana reguler di laman Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran.

”Cara pendaftarannya mengikuti mekanisme SMUP yang reguler. Calon mahasiswa dapat memilih apakah akan mendaftar ke program melalui penawaran beasiswa ini atau tidak,” kata Rina melalui siaran pers, Senin (17/5/2021).

Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran mengadaptasi Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Ditjen Dikti. Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk biaya pendidikan dan riset. Selain itu, menerima biaya hidup per bulan selama satu tahun mengikuti pendidikan magister yang dilanjutkan dengan tiga tahun pendidikan doktor. Selama empat tahun mengikuti program fast track magister-doktor tersebut, mahasiswa akan disupervisi dosen promotor untuk melakukan riset dan publikasi bersama.

”Diharapkan dalam waktu 4 tahun, penerima beasiswa dapat menyelesaikan studinya hingga program doktor,” ujar Rina.

Sementara untuk Beasiswa Program Doktor Padjadjaran, mahasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk biaya pendidikan dan riset selama tiga tahun menempuh pendidikan S-3 dan melakukan riset bersama dosen promotor.
Luaran dari program beasiswa ini berupa satu publikasi artikel ilmiah per tahun dalam jurnal internasional bereputasi. Sebanyak 13 dosen terpilih akan menjadi promotor untuk mahasiswa penerima Beasiswa Program Doktor Padjadjaran. Sementara 14 dosen terpilih akan bertindak sebagai promotor untuk mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.