METRUM
Jelajah Komunitas

Prodi Manajemen SBM ITB Raih Akreditasi Unggul

BANDUNG – Program Studi Manajemen jenjang Sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi yang diraih Mei 2021 itu berlaku hingga Mei 2025.

Ketua Program Studi Manajemen SBM ITB Nur Budi Mulyono mengatakan, SBM ITB melakukan berbagai upaya untuk meraih akreditasi unggul pada program studi mana jemen. Di antaranya memantau kualitas setiap tahap pembelajaran mahasiswa, mulai dari tahap penerimaan, perkuliahan, hingga alumni.

Pada masa perkuliahan, kualitas dicapai dengan membuat standardisasi perencanaan perkuliahan yang fokus pada ketercapaian hasil belajar. Selain itu, dosen juga memantau proses pembelajaran melalui berbagai sarana komunikasi, seperti lewat perwalian, pesan singkat, surat elektronik, dan saluran bantuan secara daring bagi mahasiswa.

“Setiap mahasiswa dibuatkan simulasi atau prediksi kelulusan dan prestasi berdasar pada pencapaian di semester sebelumnya dan variabel input lainnya. Masalah yang dihadapi mahasiswa sedini mungkin dapat disampaikan ke program studi untuk penanganan segera,” kata Budi, Selasa (18/5/2021).

Upaya lain yang telah dilakukan untuk meraih akreditasi unggul yakni menambah jumlah universitas luar negeri bereputasi untuk bekerja sama dalam program gelar ganda (double degree) dan pertukaran pelajar (student exchange). SBM ITB juga menambah jumlah pihak untuk diajak bekerja sama mewujudkan program Merdeka Belajar. Seluruhan proses tersebut didukung oleh aplikasi akademik yang dinamakan dengan Space (smart platform for academic environment) dan Google Suite. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: