METRUM
Jelajah Komunitas

Geliat Rumah Kreatif untuk UMKM Kota Bandung

HARI minggu siang (13/10/2019) itu, suasana penuh ceria terpancar dari sebuah rumah di Jalan Jurang No. 50 A, Sukajadi, Kota Bandung. Rupanya rumah mungil tersebut kedatangan tamu spesial, Menteri BUMN Rini Soemarno.

Wanita penuh energi ini tampak antusias dan semangat berbincang dengan pengelola Rumah Kreatif BUMN Bandung (RKB) dan para pengusaha Usaha mikro,  kecil, dan menengah (UMKM) di Kota bandung.

Mentri BUMN Rini Soemarno berfoto bersama dengan Pemimpin Wilayah BRI Bandung Hendro Padmono, Wakil Pemimpin Wilayah BRI Bandung Tita Sriyati, Pemimpin Cabang BRI Setiabudi Bandung Anang Subagyo dan Koordinator RKB BRI Bandung Supriatna.*

Rupanya rumah mungil yang dinamakan RKB ini dikelola Bank BRI. Beragam kegiatan serta pelatihan tepat guna diselenggarakan RKB di hari kedatangan Ibu Menteri. Mulai dari kegiatan Pelatihan Food Photography With Smartphone, Basic Ecoprint, Macrame Wall Hanging Workshop, Konsultasi, hingga Sharing UMKM Seller Shopee.

Kegiatan RKB yang penuh manfaat ini, mampu memberi warna dan mendorong peran aktif para pegiat UMKM dalam pengembangan UMKM di Kota Bandung.

Mentri BUMN Rini Soemarno dan para peserta peserta workshop food photograpy by smartphone.*

Rini Soemarno pun tampak sumringah penuh keceriaan saat berbincang dengan para pelaku UMKM. Selain itu, Rini merasa senang karena ide dan gagasan pengembangan RKB dapat terwujud di Kota Bandung dan bukan sekadar wacana saja.

Mentri BUMN Rini Soemarno dan para peserta macrame wall hanging workshop.*

“Sangat bangga melihat hasil RKB BRI Bandung ini. Teruskan semangatnya untuk mengglobalkan UMKM Indonesia. Terimakasih atas kerja keras dan semangatnya,” ujar Rini Soemarno memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pengelola RKB dan pelaku UMKM di Kota Bandung.

Rumah Kreatif BRI

Usaha mikro,  kecil, dan menengah (UMKM) dinilai memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Bahkan dilansir berbagai sumber, sampai saat ini, UMKM menyumbang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 60,34 persen.

Mentri BUMN Rini Soemarno dan para pegiat UMKM seller shopee RKB.*

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) 2018 menunjukkan bahwa total pelaku UMKM di Indonesia mencapai 59,2 juta orang.  Namun hanya 3,79 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Maka dari itu, untuk mengembangkan UMKM  tersebut diperlukan wadah sebagai penyalur dan pelatihan agar mereka itu naik kelas.

Merujuk hal data Kementerian tersebut, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginisiasi pendirian Rumah Kreatif BUMN (RKB). Hal itu bertujuan agar memperdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian Indonesia.

Salah satu BUMN yang memiliki RKB adalah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Hingga akhir April 2019, Bank BRI telah memiliki 54 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 306 ribu UMKM. UMKM tersebut terdiri dari berbagai latar belakang bidang usaha. Mulai dari kuliner, kriya, hingga craft.

Dalam membantu para pelaku UMKM ‘naik kelas’, BRI memberikan bantuan kepada para nasabahnya lebih dari sekadar permodalan. BRI juga kerap mengadakan pelatihan, pameran, dan workshop, yang mampu menambah pengetahuan para pelaku UMKM sekaligus meningkatkan penjualan mereka. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: