METRUM
Jelajah Komunitas

HSBC BWF World Tour Finals 2021: Praven-Melati Gagal, Marcus-Kevin Lolos ke Final

NUSA DUA, BALI – Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan-Melati Daeva Oktavianti gagal melangkah ke semifinal HSBC BWF World Tour Finals 2021. Sementara itu, Marcus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo lolos sebagai juara Grup A setelah menundukkan wakil Denmark, Kim Astrup-Anders Skaarup Rasmussen 21-15, 18-21, 21-9.

Pada laga terakhir penyisihan Grup B, Praveen-Melati kalah dari pasangan Hong Kong, Tang Chun Man-Tse Ying Suet 11-21, 15-21, di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Jumat (3/12/2021).

Kekalahan itu menjadi yang kedua bagi Praveen-Melati dari tiga pertandingan di fase grup. Sebelumnya, mereka menyerah dari wakil Thailand Dechapol PuavaranukrohSapsiree Taerattanachai.

“Hari ini memang kami lihat Hong Kong lebih siap. Kami sudah mencoba semampu kami. Memang ini hasilnya,” kata Praveen.

Permainan cepat dan agresif ditunjukkan pasangan Hong Kong. Hal itu membuat Praveen-Melati tertekan.

“Sulit untuk mengembangkan permainan bila dalam situasi tersebut. Evaluasi pasti ada, karena setelah ini fokus langsung ke World Championships dan semoga tahun depan kami bisa bikin gebrakan baru,” kata Praveen.

Pada ganda putri, Greysia Polii-Apriyani Rahayu meneruskan tren positif. Mereka berhak atas tiket semifinal setelah mencatatkan kemenangan atas ganda Malaysia, Pearly Tan-Thinaah Muralitharan 21-18, 21-11 dalam 45 menit.

Dengan hasil ini, mereka menempati posisi runner-up grup di bawah ganda Korea, Kim Soyeong-Kong Heeyong
yang belum terkalahkan di tiga laga penyisihan Grup A.

Masuk ke semifinal, Greysia-Apriyani kembali menegaskan mereka tidak mau memikirkan hasil terlebih dahulu. Mereka hanya ingin fokus pada satu pertandingan.

“Kegagalan di ajang BWF World Tour Finals 2020 menjadi bagian perbaikan agar kami tampil maksimal kali ini.
Jadi, kami tidak mau berpikir soal pertandingan lalu. Justru harus lebih termotivasi,” ujar Apriyani.

Penghargaan

BWF juga mengumumkan para pemenang kategori terbaik 2021. Pada tunggal, pemain Denmark Viktor Axelsen dan Tai Tzu Ying asal Taiwan dinobatkan sebagai “BWF Male and Female Player of the Year”.

Sementara itu, ganda putri Indonesia Greysia-Apriyani mendapatkan gelar “Pair of The Year” (pasangan tahun ini). Mereka mendapatkannya setelah sukses membawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo.

Wakil Indonesia lain yang juga mendapatkan penghargaan dari BWF adalah Leani Ratri Oktila yang terpilih sebagai “Female Para Badminton Player of The Year”. Penghargaan tersebut diberikan di sela-sela penyelenggaraan turnamen bulutangkis World Tour Finals 2021 kemarin.

Daftar peraih penghargaan BWF lainnya, “Most Improved Player of The Year” diberikan kepada Lee YangWang Chi-Lin (Taiwan), “Eddy Choong Most Promising Player” diraih Kunlavut Vitidsarn (Thailand), “Male Para Badminton Player of the Year” oleh Qu Zimo (Cina), dan “Para Badminton Pair of the Year” diterima Lucas Mazur Faustine Noel (Prancis). (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: