METRUM
Jelajah Komunitas

Jalur Pendakian dan Fakta Menarik Gunung Ciremai

GUNUNG Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Selain itu, gunung ini merupakan gunung aktif yang mempunyai ketinggian 3.078 mdpl (meter di atas permukaan laut). Letaknya di daerah Kabupaten Kuningan, Cirebon dan Majalengka.

Gunung Ciremai mempunyai tiga jalur pendakian yaitu Linggarjati, Palutungan dan Apuy. Untuk jalur Linggarjati dan jalur Palutungan letaknya di Kabupaten Kuningan. Sedangkan jalur Apuy terletak di kabupaten Majalengka.

Jalur yang paling mudah untuk dilewati adalah jalur Apuy. Pada jalur ini telah terjadi beberapa perubahan. Seperti, basecamp yang berlokasi di Berod dulunya disebut Pos 1 dan sekarang menjadi basecamp saja. Di tempat ini banyak warung-warung yang menjual makanan seperti nasi, snack, stiker, aksesoris dan merchandise tentang Gunung Ciremai. Untuk Pos 2 yang dulunya Arban sekarang menjadi Pos 1 dan seterusnya.

Gunung ini mempunyai beberapa fakta. Pertama, Gunung Ciremai memiliki bunga Edelweis. Anda dapat melihat bunga Edelweis secara langsung saat di puncak. Bunga ini dijuluki “bunga abadi”. Bunga edelweis ini berwarna putih dan terdapat warna kuning di bagian atasnya. Yang kedua, pantangan. Saat Anda mendaki gunung, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan, seperti mengeluh, buang air kecil atau buang air besar sembarangan dan selalu mengucap salam setiap berhenti di pos.

Untuk mendaki gunung Ciremai harus menyiapkan fisik. Setidaknya jogging minimal tiga kali seminggu. Bagi para pendaki, udara di gunung ini sangat sejuk dan menyegarkan, dilengkapi pemandangan awannya yang sungguh indah. (Fatimah alSalamah/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: