METRUM
Jelajah Komunitas

Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan

PARE adalah salah satu tanaman yang merambat. Tanaman ini merupakan tanaman tropis dan subtropis. Pare sendiri banyak ditemukan di Asia Selatan, Asia Tenggara, China, Afrika dan Karibea. Tanaman ini sangatlah popular di kalangan orang banyak.

Dalam bahasa Inggris pare dikenal dengan nama bitter melon. Pare merupakan golongan tanaman semak semusim, bunga dari tanaman ini berwarna kuning muda, panjang tangkai daunnya kurang lebih 10cm. Batang pare berwarna hijau, untuk tekstur batangnya berbulu dan agak kasar saat tumbuhan pare berusia muda. Buah pare sendiri mempunyai rasa yang berbeda dari buah buah yang lain.

Banyak yang mengatakan bahwa buah pare rasanya pahit. Tapi, kita dapat mengurangi rasa pahit buah pare dengan cara berikut : 1) Rendam pare dengan air garam; 2) Rebus pare dengan daun jambu biji; dan 3) Hilangkan bagian tengah pare.

Namun, di balik rasa buah pare yang pahit, banyak khasiat yang dihasilkan dari buah ini untuk kesehatan. Buah pare mengandung karbohidrat, zat warna, hydroxytryptamine, Vit A, B dan C dan karatin. Kandungan tersebut dapat diolah dan di manfaatkan secara tradisional untuk obat herbal. Beberapa khasiat buah pare:

Buah pare (Foto: dream.co.id).*

Menurunkan kadar gula darah

Pare berfungsi dengan menstimulasi produksi insulin dan meningkatkan proses divernanya gula dalam tubuh. Pare juga mampu menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang panjang.

Menurunkan demam

Daun pare berkhasiat untuk menurunkan demam.

Obat sembelit 

Pare kaya akan serat, hal inilah yang membuat pare bermanfaat untuk menjaga proses pencernaan. Pare bisa jadi solusi untuk penderita sembelit.

Membantu menurunkan berat badan

Pare memiliki kalori yang rendah dan serat yang membantu tetap merasa kenyang lebih lama.

Berpotensi mengatasi kanker

Manfaat pare untuk mengatasi kanker masih membutuhkan studi lebih lanjut, tetapi pare diyakini ampuh membunuh sel kanker di usus besar, nasofaring, perut, dan paru-paru. Pare juga dipercaya mampu menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara.

Selain manfaat di atas, buah pare juga memiliki khasiat untuk ibu menyusui. Pare sangat bermanfaat untuk mengembalikan berat badan dan memperlancar ASI. Namun, jika mengonsumsi buah pare yang berlebihan bisa mengundang efek samping, seperti pusing, muntah, sakit kepala dan lain sebagainya. (Fatimah alSalamah/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.