METRUM
Jelajah Komunitas

Kongres dan Dewan Senat Amerika Dukung Taiwan Bergabung dalam WHA

TAIWAN, ROC – Kementerian Luar Negeri atau MOFA pada Jumat (30/4/2021), seperti dilansir dari RTI, menyampaikan bahwa seiring dengan usungan aksi “#LetTaiwanHelp dari Dewan Senat dan DPR Amerika komisi luar negeri, hingga kini telah ada lebih dari 50an negara yang telah turut memberikan suaranya, bersama menyerukan kepada Organisasi Kesehatan Sedunia atau WHO, agar dapat mengundang Taiwan untuk bisa turut hadir dalam rapat sidang majelis tahun depan atau WHA.

Pihak MOFA menyebutkan adapun aksi yang diusung melalui berbagai platform sosial media yang ada di dunia, telah mendapat perhatian dari khalayak umum, dan menjadikan sebuah kekuatan suara.

Sejak tanggal 27 hingga 29 April, telah terdapat lebih dari 50 negara, 250 an pimpinan negara, anggota DPR, organisasi lintas dewan, para pejabat tinggi dan juga dari negara sahabat Taiwan.

MOFA menjelaskan bahwa komunitas masyarakat dunia internasional bersatu memberikan dukungan kepada Taiwan untuk bisa turut hadir dalam sidang majelis WHA ke 74 tahun depan.

Berbagai platform sosial media, baik Twitter ataupun Facebook, negara-negara sahabat internasional telah mengakui keunggulan Taiwan dalam hal melakukan pencegahan terhadap virus COVID-19 yang hingga kini masih belum mereda.

Ditegaskan pula, bahwa di kala seluruh dunia tengah bersatu padu mengatasi masalah pandemi, semakin dapat menunjukkan keikutsertaan Taiwan dalam sistem kesehatan publik dunia adalah hal yang sangat penting, dukungan kepada Taiwan sebagai negara pengamat dalam WHA, agar seluruh masyarakat dunia internasional mampu mengetahui langkah cara yang diterapkan di Taiwan dan berbagi pengalaman Taiwan dalam menghadapi pandemi COVID-19 kali ini, dimana hal ini sekaligus menunjukkan kemampuan Taiwan untuk turut serta berkontribusi bagi dunia.

MOFA menjelaskan jika aksi ini diprakarsai oleh ketua bidang Asia Pasifik komisi luar negeri Dewan Senat Amerika, Ed Markey dan ketua fraksi Partai Republik Amerika Serikat Mitt Romney, ketua bidang urusan Asia Pasifik komisi luar negeri DPR Amerika Serikat, Ami Bera dan ketua fraksi Partai Republik Amerika Serikat di DPR, Steve Chabot, dengan menayangkan video rekamannya sendiri yang mengakui keunggulan Taiwan dalam menghadapi masalah pandemi, sehingga bisa menjadi satu contoh teladan bagi yang lainnya, sekaligus telah berkontribusi besar bagi dunia.

Pihak MOFA menyebutkan banyak rekan negara sahabat dan juga pimpinan negara lainnya yang juga turut memberikan dukungan tersebut. (M1-RTI)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: