METRUM
Jelajah Komunitas

Liburan Sambil Membangun Soft Skill di Program Summer Camp Empowered Youth 2024

Kegiatan Program Empowered Youth Lanjutan Kerjasama IBU Fondation dan Alumni at school (alas)

MENDIDIK dan membangun karakter anak tidak hanya dilakukan di sekolah atau di rumah, tetapi bisa juga melalui program camp pada saat liburan sekolah. Hal ini dilakukan IBU Foundation sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada pemberdayaan ibu dan anak termasuk anak muda bekerjasama dengan Alumni at school (alas), komunitas yang bergerak di peningkatan soft skills dan kesehatan mental anak muda.

Yayasan IBU dan Komunitas Alas menyelenggarakan camp untuk anak-anak usia 14-18 tahun dalam kegiatan yang berjudul Summer Camp Empowered Youth 2024 bertemakan “Developing Future Leaders” pada Minggu-Senin, 7-8 Juli 2024 di Datar Pinus Camp, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

“Ada sekitar 16 orang anak SMA dari Bandung dan Jakarta yang ikut program camp kali ini,” kata Mohammad Fandy, CEO Ibu Foundation.

Fandy menuturkan dalam kegiatan selama 2 hari tersebut, peserta memperoleh materi soft skill meliputi Team Building, Critical Thinking, Komunikasi, Problem Solving, Leadership dengan cara yang fun, selain itu juga terdapat penguatan mental health melalui Relaksasi Diri.

Kegiatan Summer Camp ini merupakan program lanjutan dari Program Empowered Youth, suatu Program pelatihan intensif dan mentorship untuk memperkuat kesehatan mental dan soft skill di kalangan siswa-siswi SMA. Program ini telah berlangsung dari bulan Februari yang dilakukan melalui berbagai kegiatan secara daring dan luring.

Menurut Founder Alumni at School, dr. Ridwan Gustiana, Summer Camp Empowered Youth 2024 dirancang untuk memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak dan remaja dengan berbagai kegiatan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga mendidik.

“Melalui Summer camp anak-anak akan mendapatkan pembelajaran soft skill atau kemampuan beradaptasi dan berperilaku untuk menghadapi keseharian,” ujar Ridwan.

Ridwan menambahkan, penguasaan terhadap soft skill akan membantu anak untuk meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi dengan efektif, memecahkan masalah dan juga berpikir secara kritis yang akan sangat berguna bagi anak anak muda menghadapi perkuliahan dan nanti sewaktu mereka menjadi professional dalam bidangnya masing-masing.

”Pembangunan soft skill sangat penting dan harus nya di ajarkan sejak dini tetapi sayangnya tidak terlalu banyak menjadi fokus di banyak sekolah formal pada umumnya,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk berinteraksi dengan alam, mengembangkan keterampilan sosial, bekerja sama melalui beragam aktivitas, diskusi, pemainan. Selama berada di camp, kata Ridwan anak-anak dibiarkan berinteraksi aktif dan positif satu sama lain, untuk membangun semangat kerja sama dan kepercayaan selain membiasakan mereka berdiskusi dan memecahkan masalah.

(Foto: Silvi H.).*

Menurut Malika, salah satu peserta Summer Camp, kegiatan ini sangat menyenangkan karena proses pembelajaran dilakukan melalui permainan yang seru dan menyenangkan.

“Tidak terasa di games itu diajarkan bagaimana memecahkan masalah, berkomunikasi dengan tim dan bagaimana menghadapi perbedaan pendapat dalam kelompok,” tutur Malika.

Manfaat yang positif yang didapatkan juga dari peserta summer camp Shadiqa, peserta dari Jakarta. Dia mengakui orang tuanya yang mengenalkan program ini karena materinya sangat bagus dan menarik, menurutnya daripada libur di rumah saja tidak ada kegiatan, dia memberanikan diri datang ke Bandung untuk mengikuti Summer Camp ini dan ternyata sangat menyenangkan. Shadiqa berharap akan ada kegiatan Summer Camp lagi di liburan berikutnya. (Silvi Hasanah)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.