METRUM
Jelajah Komunitas

Lima Motivasi Agar Puasa Ramadan Lebih Semangat

SEPERTI kita ketahui puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi setiap umat Islam yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh).  

Meski puasa di bulan Ramadan adalah wajib, namun kadang ada saat dimana seseorang tergoda untuk berbuka puasa sebelum waktunya. Rasa lapar dan dahaga sudah tak bisa ditahan lagi. Urusan pahala maupun kewajiban berpuasa kadang sampai terlupakan dan tertutup oleh keinginan untuk segera berbuka.

Nah, kalau sudah seperti ini, kamu butuh motivasi tambahan agar tetap bisa berpuasa secara penuh atau tanpa batal puasa. Berikut 5 motivasi positif yang mudah-mudahan bisa membantu kamu terus semangat menjalankan ibadah puasa.

1. Menurunkan berat badan

Puasa di bulan Ramadan memang ibadah wajib, tapi kamu juga bisa memotivasi dirimu untuk menurunkan berat badan. Kalau hari biasanya kesulitan untuk mengontrol nafsu makan, maka saat bulan Ramadan ini sebagai waktu yang pas untuk mengatasi berat badanmu. Menahan lapar dan dahaga saat puasa bisa dimanfaatkan sebagai ajang diet. Tak hanya itu, barengi juga dengan olahraga ringan, agar niat kamu menurunkan berat badan di bulan puasa jadi lebih lengkap.

2. Belajar mengatur keuangan

Puasa juga bisa mendukung program menabung yang selama ini belum dilakukan atau telah dilakukan tapi belum maksimal. Dengan puasa sebulan penuh, maka praktis jam makan kamu cuma dua kali yaitu saat sahur dan berbuka. Jadwal makan yang berkurang satu kali ini tentunya membuat pengeluaranmu berkurang, dan uang makan itu bisa disisihkan untuk ditabung. Kalau mau irit lagi, hehehe..kamu bisa datang ke masjid yang menyediakan buka bersama, sekaligus bersilaturahmi dan meningkatkan ibadah shalat di masjid.

3. Melatih kesabaran

Mengendalikan hawa nafsu juga bisa dijadikan motivasi agar puasa sebulan penuh tak terganggu oleh godaan. Selain menahan lapar dan dahaga, puasa juga melatih kita untuk mengendalikan hawa nafsu, misalnya mengendalikan emosi dan mengendalikan keinginan untuk berbelanja yang tidak perlu. Tak hanya itu, sabar juga menjadi takaran penilaian seberapa paripurna puasa kita. Maka manfaatkanlah puasa sebagai pembelajaran untuk berlaku sabar.

4. Cara untuk belajar bersyukur

Jadikanlah puasa sebulan penuh di bulan Ramadan sebagai salah satu cara kita bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan dalam kehidupan kita. Pasalnya masih banyak orang diluar sana yang hidupnya lebih sulit atau kurang beruntung dibandingkan kita. Puasa tak hanya sekedar meningkatkan rasa empati pada sesama manusia, tapi juga kita mendapatkan pengalaman sekaligus merasakan apa yang mereka rasakan saat mengalami kelaparan atau kehausan.  

5. Puasa menghapuskan dosa

Menjalankan ibadah puasa tentunya tak bisa dipisahkan dari pahala. Pahala yang berlimpah, rezeki yang dilancarkan, doa-doa yang dikabul Allah SWT menjadi ganjaran yang diharapkan bagi siapa saja yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Pahala yang berlimpah inilah yang menjadi bekal nanti di akhirat. Berpuasalah penuh sebulan di bulan Ramadan, hal ini bisa jadi penyeimbang neraca amalan kita, karena setiap manusia tak luput dari kesalahan, kekhilafan dan dosa dalam kehidupannya. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: