METRUM
Jelajah Komunitas

Makanan yang Mampu Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

MAKANAN berkolesterol tinggi harus dihindari oleh tubuh.

Kolesterol, khususnya yang bersifat jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) sering dikaitkan dengan penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.

Untuk itulah, kita harus mengonsumsi beberapa makanan ‘baik’ yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Lalu, makanan-makanan apa sajakah itu?

Melansir situs Medical News Today, berikut deretan makanan yang dapat mengurangi risiko kolesterol menurut studi dalam jurnal Progress in Cardiovascular Diseases.

Foto: Pexels.*

Salah satunya yaitu kacang-kacangan yang dapat ditemukan dengan mudah. Jenis makanan ini bisa Anda dapatkan dalam bentuk camilan sederhana.

Berikutnya, protein nabati yang diperoleh dari makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu, susu kedelai, atau pengganti daging berbahan dasar kedelai lainnya, atau dari kacang seperti kacang polong dan buncis.

Kemudian, makanan yang mengandung serat laut seperti  oat, barley, psyllium, terong, okra, apel, jeruk, atau beri.

Terakhir, margarin yang diperkaya dengan sterol tumbuhan, atau senyawa “mirip kolesterol” dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan sereal juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

Laura Chiavaroli, dari Departemen Ilmu Gizi di Universitas Toronto di Kanada menyarankan diet portofolio untuk menurunkan kadar kolesterol dan penyakit jantung.

Diet ini merekomendasikan asupan harian 42 gram kacang, 20 gram serat larut, 2 gram sterol, dan 50 gram protein nabati. Jumlahnya didasarkan pada konsumsi harian 2.000 kalori.

Sejak 2011, beberapa organisasi pemerintah telah mengakui manfaat dari diet Portofolio ini. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: