METRUM
Jelajah Komunitas

Manfaat Bersepeda, Dari Kekuatan Tubuh Hingga Hilangkan Stres

KURANG berolahraga bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Untuk itu, diperlukan beberapa aktivitas kecil seperti berlari, binaraga atau bersepeda.

Khusus bersepeda ternyata olahraga ini memiliki banyak manfaat. Kegiatan bersepeda ini bisa dilakukan setiap pagi atau minimal satu minggu sekali di waktu senggang atau libur. Salah satu manfaat dari bersepeda adalah dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Dilansir dari pastemagazine, berikut adalah manfaat lain bersepeda bagi kesehatan.

Menambah kekuatan tubuh

Saat mengayuh pedal, kaki-kaki Anda akan terlatih khususnya bagian paha depan dan belakang. Kemudian, bersepeda juga dapat melatih otot bagian atas, punggung dan inti.

Melakukan hal tersebut memungkinkan pengendara untuk mempertahankan postur tubuh mereka sambil menjaga keseimbangan pada sepeda.

Peningkatan kekuatan kardiovaskular

Bersepeda secara teratur dapat meningkatkan kardiovaskular. Berdasarkan studi dari University of Purdue, bersepeda dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen karena dapat meningkatkan detak jantung.

Saat bersepeda detak jantung akan bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Ilustrasi sepeda (pexels)

Meningkatkan energi

Dengan bersepeda jarak jauh, tubuh otomatis menggunakan energi yang tersimpan dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini berpengaruh pada stamina yang lebih tinggi, suasana hati yang lebih antusias, dan kehidupan yang lebih produktif.

Mengurangi stres

Bersepeda dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin sendiri merupakan zat kimia yang diproduksi oleh tubuh dan memicu perasaan senang, tenang atau bahagia.

Mengayuh sepeda secara berulang merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres karena saat mengayuh dapat menciptakan irama. Selain itu, saat bersepeda Anda bisa melihat pemandangan sekitar sehingga dapat meredakan stres.(M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: