METRUM
Jelajah Komunitas

Marianne Vos Kembali Berjaya di Etape VI

ROSHEIM, PRANCIS (METRUM) – Pemegang kaus kuning Marianne Vos (35) melesat tak terbendung memenangi adu sprint finis masal etape VI rute perbukitan Tour de France Putri di Rosheim, Jumat (29/7/2022). Ini merupakan kemenangan etape yang kedua bagi Vos setelah merebut etape II, sekaligus menjadi pemegang kaus kuning pertama pada TdF putri yang memenangi etape.

Atlet putri Belanda andalan tim Jumbo Visma ini mengalahkan Marta Bastianelli (UAE ADQ/Italia) dan Lotte Kopecky (SD Worx/Belgia) di urutan kedua dan tiga serta peloton pada rute 128,6 km (St. Die Des Vosges – Rosheim) dengan waktu sama 3 jam 9 menit 26 detik.

Pada etape VI ini sprinter Belanda pemenang dua etape Lorena Wiebes (DSM) terjatuh di tikungan jalan menurun sehingga mengalami luka-luka di kaki dan pinggulnya, celananya pun robek namun tidak kenal menyerah terus melajutkan lomba meski tertinggal dari peloton dan tidak bisa bersaing adu sprint.

“Saya berada dalam posisi baik untuk sprint sehingga saya tidak menunggu lagi, meski saya menyadari dikejar sprinter lainnya, namun saya berharap bisa tetap unggul terdepan hingga finis,” ujar Vos setelal finis.

Lorena Wiebes (DSM/Belanda) pemenang etape I dan V, terjatuh di etape VI Jumat (29/7/2022) St. die des Vosges, Meski cedera berdarah luka luka di kaki, tangan dan pingulnya, celana robek dia tidak menyerah terus berlomba hingga finis (Foto: Eurosport).*

“Lima hari memakai kaus kuning dan hampir setiap etape masuk lima besar, sungguh hasil yang sangat baik. Namun upaya untuk mempertahankan kaus kuning ini akan amat berat pada dua etape terakhir rute tanjakan berat (VII dan VIII),” ungkap Vos.

“Saya adalah tipe atlet yang bagus di sprint, datar, ITT dan cukup baik di tanjakan namun tidak terlalu tangguh di tanjakan panjang, namun saya akan berupaya keras,” jelasnya.

Tidak ada perubahan di klasemen, Vos menguasai kaus kuning dengan keunggulan bertambah 10 detik yang didapatnya sebagai pemenang etape VI. Urutan kedua Silvia Persico (Valcar Travel/Italia) + 30 detik , ketiga Katarzyna Niewiadoma (Canyon Sram/Polandia) + 30 detik dan keempat Elisa Longo Borghini (Trek/Italia) +35 detik.

Rute Tanjakan Penentu

Etape VII dan VIII (terakhir) merupakan dua etape tanjakan akan jadi penentu siapa yang akan menjadi juara Tour de France Putri pada edisi pertama 2022.

Para jago tanjakan di etape VII dan VIII dipastikan akan melakukan gebrakan untuk mengkudeta kaus kuning yang hingga etape VI dikuasai Marianne Vos.

Di antara para jago tanjakan yang akan unjuk gigi adalah juara Giro d’Italia putri\2022, Annemiek Van Vleuten (MoviStar/Belanda), Silvia Persico (Valcar/Italia), Katarzyna Niewiadoma (Canyon/Polandia), Elisa Longo Borghini (Trek/Italia) serta beberapa atlet putri tim SD Worx (Belanda) yang tangguh di tanjakan Ashleigh Moolman (Australia) dan Demi Vollering (Belanda).

Sabtu (30/7/2022) etape VII Selestat-Le Markstein 127 km akan melalui tanjakan sepanjang 13,5 km Grand Ballon dan rute naik turun dengan tikungan yang akan amat menentukan pemenangnya. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: