METRUM
Jelajah Komunitas

Niesya, “Aku Melihat Indonesia”

Jikalau ‘ku mendengar kicauan burung di pucuk pohonan rindang; aku ‘tak mendengar kicauan itu.

Jikalau ‘ku mendengar nyanyian ribuan pulau bersahut-sahutan; aku ‘tak mendengar nyanyian itu.

Aku mendengar Indonesia...”

FRASA kalimat di atas adalah cuplikan teks nyanyian single ketiga Niesya berjudul “Aku Melihat Indonesia”. Dalam waktu dekat, Niesya, singer-songwriter yang sedang mempersiapkan studi S2-nya di bidang Psikologi di Universitas Indonesia ini bakal mengeluarkan single ketiganya. Lagu ini dibuat khusus untuk memperingati HUT RI ke-75 pada Agustus 2020 ini. Teks lagunya sendiri merupakan interpretasi dari satu puisi yang ditulis oleh Ir. Soekarno, yaitu “Aku Melihat Indonesia”.

Ketertarikan Niesya dengan tokoh presiden RI pertama kali bermula ketika ia banyak membaca tentang Soekarno dari buku-buku koleksi perpustakaan orangtuanya dan referensi dari sumber lainnya.

“Dalam puisi ‘Aku Melihat Indonesia’, kita bisa melihat bagaimana kecintaan presiden Soekarno terhadap Indonesia lewat kalimat-kalimat puitis tentang keindahan alam, keberagaman budaya serta flora dan fauna. Menurut aku, puisi tersebut memperlihatkan bagaimana rasa cinta pada bangsa diungkapkan dan bagaimana gelora semangat presiden Soekarno menanamkan nasionalisme dan cinta tanah air,” ujar Niesya.

Niesya Ridhania Harahap (Dok. Pribadi).*

Singlenya yang ketiga ini bakal cukup berbeda dengan dua lagu yang telah diterbitkan sebelumnya, “Gundah” dan “Kepergianmu”. Jika dua lagu sebelumnya lebih kuat unsur “pop music”, single ketiga ini memiliki nuansa “folk music”, membuatnya menjadi lebih folk acousticrock ballad dengan sentuhan indie world music

Niesyasejak kecil memang terbiasa mendengar berbagai jenis musik dari koleksi album musik dunia milik Irwansyah Harahap dan Rithaony Hutajulu. Kedua orang tuanya adalah pendiri kelompok “Suarasama” beraliran world music, yang karya-karyanya telah diterbitkan di Perancis dan USA.

Sejak lima tahun belakangan ini Niesya juga terlibat dalam berbagai pementasan kelompok Suarasama di dalam dan luar negeri. Bersama dengan grup Suarasama, Niesyatelah tampil di berbagai acara seperti “Kongres Kebudayaan Indonesia 2018”, “Pasar Hamburg 2016” di Jerman, “Festival Europalia 2017” di Belanda, Belgia dan Spanyol, “Frankfurt Bookfair” di Jerman.

Ketika ditanya tantangan yang ia alami saat membuat singlenya yang ketiga ia berkata, “Hal yang tersulit ketika mengadaptasi puisi Soekarno ke dalam bait-bait lagu yang baru. Puisi aslinya memiliki rhyme yang tergolong panjang. Aku juga sesekali konsultasi dengan papa dan mamaku hingga keseluruhan lirik lagu selesai dibuat. Aku berusaha menyadurnya tanpa harus kehilangan pesan-pesan yang terkandung di puisi itu.”

Proses pengerjaan, rekaman dan mixing lagu yang ketiga ini dilakukan di “Jack Studio Recording” dan masteringnya dilakukan Dimas Pradipta di Jakarta. Album single ketiganya ini dirilis dan diterbitkan pada Jumat (14/8/2020). (M1)***

Title: AKU MELIHAT INDONESIA

  • Performed by: Niesya
  • Written and composed by: Niesya Ridhania Harahap
  • Arranged by: Irwansyah Harahap
  • Mixed By:  Jack
  • StudioMastered by: Dimas Pradipta at Sum It!
  • StudioRecorded at:  Jack
  • StudioLabel: Rumah Musik Suarasama 
  • Publisher Media: Rumah Musik Suarasama

NIESYA Official : 

  • Media Contact: 08126085395 [Rita] 
  • Instagram:  @niesyahrp
  • Twitter:  @niesyahrp
  • Facebook: Niesya Ridhania Harahap
  • Youtube: NIESYA OFFICIAL
  • Spotify: NIESYA

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: