METRUM
Jelajah Komunitas

Paris-Nice 2023: Olav Kooij Kuasai Etape V, Pogacar Pertahankan Kaus Kuning

SAINT PAUL TROIS, PRANCIS (METRUM) – Sprinter muda pendatang baru Olav Kooij (21) asal Belanda tampil prima di lomba perdananya tingkat world tour memenangi rute perbukitan etape V Paris – Nice 2023 finis di St. Paul Trois Chateaux, Kamis (9/3/2023).

Pembalap tim Jumbo Visma ini menang adu sprint masal rute sejauh 212 km dari Saint Symphorien-sur-Coise mengalahkan sprinter kondang Mads Pedersen (Trek Segafredo/Denmark) dan Tim Merlier (Soudal Quick Step/Belgia) di urutan kedua dan tiga serta peloton utama 130 pembalap termasuk pemegang kaus kuning (pimpinan klasemen) Tadej Pogacar (UAE Team Emirates/Belgia) yang tiba bersamaan dengan waktu sama 5 jam 19 menit 54 detik.

Dengan hasil ini klasemen 10 besar tak mengalami perubahan, Pogacar yang merebut kaus kuning pada rute tanjakan etape IV masih kokoh memimpin klasemen dengan keunggulan 6 detik atas atlet tuan rumah David Gaudu (Groupama FDJ/Prancis), ketiga Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark) + 46 detik.

“Saya amat bangga bisa merebut kemenangan pertama kali di lomba world tour etape lomba terkemuka Paris-Nice setelah tahun lalu saya juga bisa memenangi etape di Tour de Polandia. Dukungan tim Jumbo Visma amat kompak sehingga saya bisa memacu sprint finis maksimal menempel ketat Pedersen yang sudah amat berpengalaman dalam adu sprint dan dengan askelerasi maksimal saya bisa melewatinya di garis finis,” tutur sprinter muda yang tengah mengorbit Olav Kooij pada Eurosport.

Kekalahan di etape II dari Pedersen yang jadi pemenang adu sprint membuat saya tak membuat kesalahan yang sama, kali ini saya yang menempelnya dan bisa mengalahkanya,” jelas Kooij yang finis kedua pada etape II di belakang Pedersen.

Balap sepeda tingkat world tour Paris – Nice yang dikenal dengan sebutan Race to the Sun menempuh 8 etape akan berakhir di kota wisata terkemuka Nice di pantai selatan Prancis, Minggu (12/3/2023).

Jumat (10/3/2023) etape VI menempuh rute perbukitan 197 km Tourves ke La Colle-sur-Loup.

Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania) tampil cerdik memenangi adu sprint finis etape V Tirreno –Adriatico di Tortoreto, Italia Kamis (9/3/2023). (Foto: La Presse).*

Tirreno Adriatico

Sementara pada lomba world tour lainnya, Tirreno Adriatico di Italia, tim Jumbo Visa seperti di Paris – Nice, juga unjuk gigi melalui pembalap terkemukanya juara ITT Olimpiade Tokyo 2020, Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania) meraih sukses merebut kemenangan etape IV Greccio – Tortoreto sejauh 218 km, Kamis (9/3/2023).

Roglic menang adu sprint atas mantan juara dunia Road Race Julian Alaphilippe (Soudal Quick Step/Prancis) di urutan kedua dan Adam Yates (UAE Team Emirates/Inggris) di urutan ketiga dengan waktu sama 5 jam 4 detik.

Klasemen setelah etape IV:

  1. Lennard Kamna (Bora Hansgrohe/Jerman) 15 jam 38 menit 46 detik
  2. Primoz Roglic ( Jumbo Visma/Slovania) + 6 detik
  3. Joao Almeda (UAE Team Emirates/Portugal) + 8 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.