METRUM
Jelajah Komunitas

Persiapan Liga 1, Persib Maksimalkan Pemain Muda

MENGHADAPI bergulirnya kembali Liga 1 2021/2022 yang akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang, jajaran pelatih Persib telah merancang program untuk menjadi gambaran skuad Maung Bandung di liga nanti. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi yang ada dan menurunkan para pemain muda agar bisa menambah jam terbang mereka di liga.

Saat turnamen Piala Menpora lalu, Persib banyak menurunkan pemain muda termasuk memainkan seluruh penjaga gawang. “Melihat setiap pertandingan di Piala Menpora lalu, kami adalah tim yang menggunakan seluruh penjaga gawang. Lalu, melihat pertandingan melawan Bali United, pemain termuda kami adalah 19 tahun, sedangkan mereka usianya 23-25 tahun. Itu perbedaan yang besar,” tutur pelatih Persib Robert Alberts saat konferensi pers virtual seusai latihan, Rabu (26/5/2021).

Persib selalu memiliki rancangan strategi untuk menurunkan para pemain mudanya di setiap pertandingan. “Jadi, kami me main kan beberapa pemain muda. Pemain muda yang datang ke Persib pun tahu punya kesempatan untuk bermain. Bisa dilihat Beckham hampir selalu tampil di usia yang baru 19 tahun dan Bayu juga mulai bermain di usia 19 tahun,” katanya.

Diklat Persib juga menjadi nilai positif untuk Persib. Sebab, mereka bisa menjaring pemain potensial untuk selanjutnya promosi ke tim senior. Selama ini, jajaran pelatih dan manajemen rutin berkomunikasi untuk mencari pemain muda di Diklat Persib.

“Selalu berkomunikasi dengan tim pelatih Diklat dan akademi mengenai talenta yang kami miliki. Opsi pertama kami berikan kepada mereka. Pemain baru kami adalah pemain yang kami miliki di Diklat, Bandung, atau Jawa Barat. Itu adalah visi kami. Jika ada pemain bertalenta, terbuka kesempatan untuk berlatih bersama kami,” ujarnya.

Namun, ada satu yang tidak boleh dilupakan, yaitu regulasi yang akan diterapkan pada Liga 1 musim ini. “Namun, yang penting juga adalah kami harus tahu apa aturan dan regulasi untuk liga karena ini bukan hanya bagi tim kami tapi juga Bandung United dan tim U-20. Banyak tim yang terlibat di Persib Bandung dan menjadi tanggung jawab kami untuk tetap mendukung tim tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, bek muda Persib, Bayu M Fiqri merasa bersyukur mendapat banyak pelajaran berharga dari Piala Menpora 2021 lalu. Di ajang itulah, untuk pertama kalinya, Bayu bermain untuk Persib. Dalam turnamen tersebut, Bayu diberi kesempatan bertanding menghadapi lawan yang juga mentas di Liga 1. Pada awal penampilannya, ia tampil menawan dan menyita perhatian.

“Alhamdulillah, di turnamen kemarin, saya dapat banyak pelajaran, mulai dari teknik individu, taktik, sampai kerja sama di dalam tim. Terima kasih kepada pelatih sudah memberikan kepercayaan, semoga di Liga 1 saya bisa tampil lebih baik lagi,” ujarnya.

Tes Vo2Max

Sementara itu, memasuki hari ketiga latihan persiapan menjelang Liga 1 2021, para pemain Persib menjalani tes Vo2Max untuk mengetahui kondisi awal dalam hal kebugaran fisik dan daya tahan saat mereka menjalani latihan bersama di pekan pertama. Intensitas latihan yang dijalani oleh Victor Igbonefo dan kawan-kawan berangsur-angsur meningkat.

“Kami akan menganalisisnya (hasil Vo2Max). Diharapkan besok sore atau hari Kamis sudah diketahui hasilnya,” tutur Robert.

Salah satu program latihan pada masa persiapan ini lebih menitikberatkan pada mengembalikan kebugaran serta kontrol bola. Variasi program latihan juga telah disiapkan. Selain latihan di lapangan, pemain juga menjalani latihan gym dengan peralatan gym modern di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani.

“Kami berlatih gym tiga kali karena sudah mempunyai peralatan yang bagus. Kami akan pergi ke mes, dan kami akan membentuk kekuatan pemain dalam beberapa pekan dengan program yang spesifik. Jadi, di latihan pagi waktunya jadi sedikit lebih singkat karena kami juga akan ber latih lagi pada sore hari di gym. Namun, di gym milik pribadi jadi kami punya privasi, tidak perlu pergi ke gym umum dan ini langkah maju bagi Persib,” katanya.

Robert menambahkan, untuk latih tanding pada akhir pekan ini, untuk sementara hanya akan memainkan para pemain Persib. Mereka akan dibagi dalam dua tim. Pelatih asal Belanda itu juga menyambut baik izin Liga 1 yang akan diumumkan akhir pekan ini. (M1-Sumber: Irfan Subhan/”PR”, 27/05/2021)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: