METRUM
Jelajah Komunitas

PSYTALK 2019, Apresiasi Pada Keindahan dan Keprimaan

SENAT Mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha menyelenggarakan acara Psytalk 2019, sebuah acara yang membahas Apresiasi Pada Keindahan dan Keprimaan, dan Bagaimana Hal Tersebut Berpengaruh Pada Kehidupan.

PsyTalk 2019 merupakan talkshow yang memiliki tujuan untuk menjadi wadah orang-orang untuk menyampaikan ide-ide dan sudut pandangnya yang menarik serta inspiratif. Acara ini rencananya diadakan pada Sabtu, 12 Oktober 2019, di Universitas Kristen Maranatha, Gedung Administrasi Pusat Lt.8 mulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

Dalam pembahasannya, sesi-sesi acara PsyTalk 2019 memiliki sebuah kekhasan. Pada dasarnya, PsyTalk 2019 memiliki perbedaan signifikan dengan talkshow bertema psikologi umum lainnya yang sering dilakukan.

Lebih jauh, PsyTalk 2019 memiliki tujuan untuk mengemas psikologi dari sudut pandang orang awam, tidak hanya oleh akademisi yang bergerak dalam bidang ilmu Psikologi, namun seluruh khalayak yang memang ingin datang dan mengetahui bagaimana proses-proses dari prinsip psikologi berperan dalam kehidupan sehari-hari.

PsyTalk 2019 memiliki sebuah topik bahasan Appreciation of Beauty and Excellence. Topik merupakan sub-topik dari sebuah payung cabang ilmu psikologi yaitu Psikologi Positif.

Psikologi Positif membahas mengenai bagaimana seseorang yang sudah berada di titik normal untuk mengembangkan dirinya menjadi seseorang yang lebih optimal dan dapat mencapai flourish atau kebahagiaan yang bersifat eudaimonic atau kebahagiaan yang bermakna dan bukan kebahagiaan yang hedonic atau bersifat sementara.

Dalam usaha untuk manusia mencapai kebahagiaan ini, Martin Seligman, Pelopor Psikologi Positif merumuskan beberapa hal untuk bagaimana seseorang dapat mencapai kebahagiaan yang bermakna tersebut. Seseorang dapat mencapai eudaimonic happiness seseorang disarankan untuk hidup menjalani character strength yang dimiliki. Seseorang memiliki ragam character strength, dan Appreciation of Beauty and Excellence inilah yang merupakan salah satu character strength tersebut.

PsyTalk 2019 memilih topik ini disebabkan fenomena di mana ragam keindahan tidak cukup dihargai.

Banyak yang belum memahami bahwa apresiasi terhadap keindahan dan keprimaan merupakan sesuatu yang bergerak pada tingkatan subjektivitas, di mana penghayatan pribadilah yang merupakan hal yang paling penting.

Khalayak yang datang, diharapkan setelah mengikuti acara ini untuk keluar dengan sebuah pemahaman yang baru di mana keindahan merupakan sebuah hal yang beragam dan dapat terjadi prosesnya dalam kehidupan kesehariannya.

Saat seseorang sadar akan kualitas-kualitas yang terjadi pada kesehariannya, seseorang akan dapat mengasahnya untuk mencapai kehidupan yang lebih bahagia lagi.

Bagi sahabat Metronom yang belum sempat mendengarkan talkshow bersama panitia Psitalk 2019 di Metrum Radio dapat menyimak podcast-nya melalui link di bawah ini:

Selamat mendengarkan, semoga bermanfaat! (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.