METRUM
Jelajah Komunitas

Tips Menjaga Kesehatan Mata

UNTUK para pekerja kantoran yang setiap hari memiliki rutinitas bekerja menggunakan perangkat komputer dan harus berjam-jam berada di depan komputer, lama-lama tentu akan merusak mata.

Oleh karena itu, Jangan sampai kita terbiasa dan membiarkan diri melakukan kegiatan yang dapat membahayakan mata kita.

Dilansir dari Webmd Eye Health, langkah-langkah mudah ini membantu orang yang Anda cintai terhindar dari kerusakan mata.

1. Berhenti merokok

Merokok memungkinkan Anda lebih mudah terkena katarak dan degenerasi makula.

Jika Anda sudah mencoba menghilangkan kebiasaan merokok, semakin besar kemungkinan Anda untuk kerusakan mata. Cobalah meminta bantuan dokter Anda untuk menghentikannya.

2. Makan sehat

Kesehatan mata yang baik dimulai dengan makanan di piring Anda.

Nutrisi seperti asam lemak omega 3, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

3. Kenakan kacamata hitam

Kacamata hitam secara tepat akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet matahari (sinar UV). Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

4. Gunakan safety eyewear

Jika terdapat bahan berbahaya di tempat kerja atau di rumah, kenakan kacamata pengaman atau kacamata pelindung untuk menghindari kerusakan mata.

5. Istirahatkan mata dari layar

Menatap layar komputer atau telepon terlalu lama dapat menyebabkan:

– Ketegangan mata
– Pandanganyangkabur
– Kesulitan memusatkan perhatian dari   kejauhan
– Mata kering
– Sakit kepala
– Leher, punggung, dan nyeri bahu

Untuk melindungi mata Anda:

  • Pastikan kacamata Anda sesuai untuk melihat layar komputer.
  • Jika ketegangan mata Anda tidak hilang, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda tentang kacamata untuk komputer.
  • Sesuaikan layar sehingga mata Anda sejajar dengan bagian monitor.
  • Cobalah untuk menghindari silau dari lampu. Gunakan layar anti silau jika dibutuhkan.
  • Pilih kursi yang nyaman untuk bahu dan kepala. Posisikan agar kaki Anda rata di lantai.
  • Jika mata Anda kering, kediplah lebih banyak.
  • Istirahatkan matamu setiap 20 menit.
  • Ulangi setidaknya setiap 2 jam dan istirahat 15 menit.

Ingin mata Anda sehat? Cobalah cara di atas. (M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: