METRUM
Jelajah Komunitas

Quo Vadis Komunitas-Komunitas Pesepeda Lama

PADA tahun 2011 silam atau 10 tahun yang lalu, Greeners.co menyelenggarakan sebuah kegiatan kampanye lingkungan bertaraf International bertajuk <350 Moving Planet mengambil tema “Kampanye Indonesia Bersepeda”.

Kegiatannya berupa perjalanan bersepeda sepanjang 1.000 kilometer lebih dari Denpasar Bali, Jogjakarta, dan berakhir di Kota Bandung sebagai tempat ceremonial kegiatan. Dilakukan oleh 8 atlit sepeda lokal dan nasional.

Di Bandung, mereka disambut sekitar 150 pesepeda perwakilan dari 50 komunitas pesepeda yang eksis di Bandung Raya saat itu. Penyambutan awal dilakukan oleh sebagian pesepeda dari mulai Cibiru, batas kota antara Bandung dengan Kabupaten Bandung menuju tempat finish di Plaza Balai Kota Bandung.

Ke-50 Komunitas pesepeda tersebut, beberapa waktu sebelumnya dikumpulkan di Graha Persib Jalan Sulanja dalam acara gathering komunitas bersama Greeners membahas terkait kegiatan kampanye <350 Moving Planet tersebut.

Beberapa di antaranya adalah B2W Bandung, Jejak, SaSuSu, NGN, Threeple-C, Terjal, Koskas, PSM, B2C Bandung, PSBB, BBC, Abasah, Nubikers, Bringgowes, Let’s Bike, Gegaya, Totoban, Prikly Bean, KSA, KGC, Kodok Betet, Panser Pindad, B2TC, Pinus City, KSC, Cikofix, FNF, KSS Cinambo, BCC, KPS Unjani, B2C Upi, GKT, Balakhecroks, GSM, BHHH2, Abbeu, Sel-B, Bandung BMX, ZR, KGB, Gocap Padalarang, Sepeda Bamboo, dan BDG Reol. Inilah cikal bakal perdana terbentuknya wadah bernama Forum Komunitas (forkom) Pesepeda Bandung Raya tahun 2011.

Namun komunitas pesepeda yang rata-rata sudah berusia di atas 10 tahun tersebut, sekarang ada yang masih aktif dan eksis, tapi ada juga yang tenggelam entah kemana. Ada pula yang namanya tetap ada namun eksistensinya berkurang, bahkan tidak ada sama sekali atau lebih eksis di media sosial dan chat group.

350 Moving Planet Indonesia Bersepeda tahun 2011 (Foto: Dok. Greeners.co).*

Gabung di Forkom Bandung Raya

Tahun 2019 lahir bentukan baru Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya (Forkom Bandung Raya) yang saat ini anggotanya telah tergabung sebanyak 285 komunitas pesepeda dengan ragam genre, kesamaan hobi, gender, usia, dan lingkungan tempat tinggal atau kerja, baik baru maupun yang sudah lama. termasuk beberapa komunitas yang disebutkan di atas. Berikut di antaranya:

Bike to Work (B2W) Bandung, salah satu chapter B2W Indonesiam yang merupakan komunitas gerakan dalam mengampanyekan khusususnya budaya bersepeda ke tempat kerja. Tak hanya kampanye bersepeda, tapi juga sering melakukan gerakan lingkungan dan sosial. Berdiri pada tanggal 7 September 2007. Flashmobe Bike PROVOKASI UURI NO.22 TAHUN 2009 merupakan salah satu kegiatan terbesar yang digelar dalam rangka Bike to Work Day 2012.

Paguyuban Sapeda Baheula Bandung (PSBB), berdiri pada tanggal 31 Januari 2005. Merupakan komunitas besar bergenre sepeda onthel. Setiap kegiatan konvoi bersepeda  selalu menggunakan atribut klasik atau era kepahlawanan. Sealain peringatan hari jadinya, Kegiatan PSBB terbesar yang rutin digelar adalah Bandung Lautan Ontlel (BLO), sekaligus dalam rangka peringatan peristiwa bersejarah, Bandung Lautan Api. Disebut-sebut sebagai event bertaraf International.

Bike to Campus (B2C) Bandung, adalah komunitas gerakan berbasis kampus, dalam rangka mengampanyekan bersepeda ke seluruh kampus yang ada di Kota Bandung. Dibentuk pada tanggal 15 Juli 2010 yang diinisiasi oleh B2W, Bandung. Ada beberapa kampus yang tergabung dalam komunitas tersebut, di antaranya ITB, UNPAD, POLBAN, UPI, Univ. Telkom, UNIKOM, UNJANI, UNISBA, UNPAR, ITENAS, UIN SGD, UTAMA, LPKIA, UNIBI, FIKSI GANESHA, dan STAN. 

Masing-masing kampus punya komunitas sendiri, salah satunya adalah Universitas Telkom bernama Goweser Kampus Telkom (GKT) yang bermarkas di kampus Telkom Bojongsoang, Kabupaten Bandung dan UNJANI bernama Kelompo Pengendara Sepeda (KPS), satu-satunya komunitas sepeda kampus yang menjadi bagian dari Unit Kegiatan Kampus, sehingga ada dana pembinaan rutin dari pihak kampus UNJANI.

Nu Gareulis Ngagowes (NGN), disebut-sebut sebagai pionir komunitas pesepeda perempuan di Bandung. Berdiri pada tanggal 10 Januari 2010. Komunitas yang berjargon “Canti dan Sehat dengan Bersepeda” ini mempunyai kegiatan andalan dalam memperingati Hari Kartini dan Hari Ibu, yaitu Gowes Cantik. Diikuti oleh banyak pegiat sepeda perempuan dan sejumlah pesepeda pria dengan menggunakan atribut pakaian tradisional serta sepedanya dihiasi bunga.

Cimahi Cycling Community atau Threeple-C, merupakan komunitas legend dan terbesar di Kota Cimahi yang didominasi oleh pesepeda senior yang “gila” tanjakan dan ngaprak jalu-jalur berat. Lahir 26 Juni 2008, meskipun perintisannya dimulai sejak 25 Mei 2008. Kegiatan rutinya adalah Gowes Reguler (Goler) di minggu ke 1 dan 3 dengan middle atau long trip. Di hari biasa, ada short trip dengan mengeksplorasi oksigen murni di alam sekitar Cimahi, Kab. Bandung & KBB.

Sapedah Suka Suka (SaSuSu), dibentuk pada 19 September 2010 sebagai komunitas haha hihi dengan jargon “Bersama kami, anda bangkrut tapi ceria”. Anggotanya merupakan pesepeda yang sudah bergabung di komunitas-komunitas pesepeda seperti B2W, NGN, PSBB dan Sel-B. Sekelompok tersebut biasa melakukan gowes kulineran dan angkringan sehabis pulang kerja di sebuah kedai SUSU MURNI seputaran daerah Ijan Kota Bandung.

Komunitas Sepeda Angin (KSA) Bandung, digagas oleh pegiat sepeda dominan yang tinggal di Buah Batu dan sekitarnya. Didirikan 1 Oktober 2010. Kegiatannya hanya bersepeda tralala trilili setiap akhir pekan ke trek-trek yang ada di Bandung Raya. Sebagian besar anggotanya adalah aktivis di B2W Bandung.

Kompas Gramedia Cyclist (KGC), adalah komunitas pegiat sepeda karyawan Kompas Gramedia yang berpusat di Jakarta. KGC Bandung salah satu chapternya, yang secara resmi bersepeda dan berkegaiatan sejak 2009. KGC termasuk komunitas legend terbentuk seiring saat itu Kompas selalu intens menggelar kegiatan bersepeda yang cukup besar, salah satunya adalah fun bike dari Kota Bandung menuju Kota Baru Parahyangan, Kab. Bandung Barat yang selalu diikuti oleh ribuan pesepeda.

Bandung Hash House Harries (BHHH)2 merupakan klub sepeda yang sukup lama malang melintang di dunia sepeda berbasis kompetisi. Mulai dari pengurus hingga anggotanya selalu menuai prestasi di berbagai kejuaraan balap sepeda, baik genre roadbike, MTB, maupun sepeda lipat. Kegiatan rutinnya selain latihan, juga bersepeda rutin tiap tahun Bandung – Pangandaran, dalam rangka hari jadinya. Salam boseh dan Go Green! (Cucu Hambali)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.