METRUM
Jelajah Komunitas

Ragam Kegiatan dalam World Bicycle Day 2023

PERSERIKATAN Bangsa Bangsa (PBB) telah menetapkan setiap tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda International atau World Bicycle Day (WBD) yang pada tahun 2023 ini jatuh tepat di hari Sabtu. Di negeri kita saat itu tengah dalam suasana libur panjang antara Hari Lahir Pancasila 1 Juni dan Hari Raya Waisak, 4 Juni.

Hal itu dimanfaatkan benar oleh banyak pihak terutama komunitas pesepeda gerakan untuk melakukan ragam kegiatan dalam momentum WBD tersebut. Berikut diantaranya:

Bike To Work (B2W)

Sebagai komunitas pesepeda gerakan terbesar di Indonesia, tentu saja menjadi yang terdepan setiap diadakan momen peringatan khususnya hari sepeda. Di WBD kali ini, B2W Indonesia mengusung tema #SepedaUntukSemua 

E-poster WBD B2W Indonesia.*

Dalam katalognya di media sosial, B2W Indonesia memaparkan bahwa keberadaan sepeda sebagai sarana transportasi penting di masa lalu memang telah menciptakan banyak kisah. Selain meninggalkan momentum dan kenangan yang berkaitan dengan kehadirannya, mungkinkah sepeda juga ikut membentuk karakter generasi di masa itu?

Dua abad lebih sepeda bertahan dalam peradaban menyisakan kisah dalam generasi, menyisakan memori dalam kehangatan keluarga, tak terkecuali masa kecil dan masa anak-anak kita. Mari bersama merayakan WBD dengan semangat membawa kembali kebahagiaan untuk selamatkan ruang bagi anak-anak berekspresi dalam bersepeda.

Kegiatan WBD yang dilaksanakan B2W Indonesia berupa bersepeda bersama dari Monas Pintu Barat menuju Taman Ayodia dan dirangkai dengan kegiatan Sosialisasi Peta Bersepeda untuk melihat bersama lokasi-lokasi parkir sepeda di Jakarta, diskusi terbuka soal tantangan dan potensi bersepeda, serta  ambil alih ruang parkir kendaraan bermotor untuk pesepeda.

Sementara itu, sejumlah chapter B2W di Indonesia pun melakukan gerakan di kotanya masing-masing, sebut saja B2W Bandung salah satunya dengan melaksanakan kegiatan rutin andalannya sebulan sekali yaitu Patepung Sabtu Kahiji (PSK) #9.

Sejalan dengan misi pusat, PSK B2W Bandung dalam momentum WBD kali ini bertema membangun kebersamaan dan menginspirasi generasi selanjutnya. Diisi dengan rangkaian kegiatan yaitu bersepeda bersama dan bincang bersama para pendidik serta pemangku kebijakan dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, bertajuk “Olahraga Ka Sakola”,

Puluhan pesepeda dari sejumlah komunitas pesepeda seperti Roda Dospora dan Balikin turut serta dalam kegiatan yang digelar di Kiara Artha Park tersebut.

Forum Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya (Forkom Bandung Raya)

Sekitar lima ratusan pesepeda baik individu maupun dari komunitas pesepeda yang tergabung dalam wadah Forkom Bandung Raya terlibat dalam perhelatan bertajuk Membangun Budaya Gerakan Bersepeda #4 yang digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung.

Kegiatan yang dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung ini berisi rangkaian kegiatan yaitu fun bike atau bersepeda bersama sambil kampanye bersepeda bijak, tertib, dan beretika serta aktivasi jalur sepeda dan trotoar, zumba, penyerahan sepeda untuk pelajar, dan penyerahan apresiasi inspirasi bersepeda dari Pemerintah Kota Bandung.

Membangun Budaya Gerakan Bersepeda #4 yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung dan Forkom Bandung Raya di Balai Kota Bandung. (Foto: Humas Bandung).*

Salah satu penerimanya adalah program Bicara Bike, Metrum radio sebagai terbike dalam kategori Gerakan Bersepeda Inspiratif. Simak selengkapnya disini:  https://metrum.co.id/hari-sepeda-sedunia-program-bicara-bike-metrum-radio-mendapat-penghargaan-dari-pemkot-bandung/ 

Pegiat Sepeda Klunkerz Tangerang Selatan

Sekelompok pegiat sepeda Klunkerz Kota Tangerang Selatan yang dikomando oleh Ade Katim, salah satu sosok pesepeda legend sejak tahun 90an yang lama wara-wiri di Kota Bandung, dalam WBD kali ini menggelar kegiatan gowes tipis dengan mengusung tema Klunk & Coffe “klunkstarlink”, Ride a Klunker Drink a Coffe.

Kegiatanya berupa bersepeda susur jalur sepeda, wilayah Hotel Santika, kawasan angkringan anak muda wilayah pasar modern Bintaro, kulineran berikut minum kopi di wilayah Mesjid Bani Umar Parigi dan Good Ride Bike Café.

Federal Bandung Indonesia (FBI)

Berbeda dengan yang lainnya, FBI melaksanakan kegiatan dalam rangka WBD digelar pada Minggu (4/6/2023), sekaligus sebagai rasa syukur atas hari jadinya yang ke-12 pada 30 Mei dan penghargaan dari Pemerintah Kota Bandung sebagai Komunitas Pesepeda Inspiratif Budaya Bersepeda.

Dengan bertemakan “Tunjukan Federalmu”, dari Posko FBI Jalan Merdeka, sekira 50 anggota FBI bersepeda sambil mengarak piagam dan piala penghargaan yang diterima pada Sabtu di Plaza Balai Kota Bandung saat WBD Membangun Budaya Gerakan Bersepeda #4 Dishub dan Forkom Bandung Raya.

WBD FBI (Foto: Dok. Aris Yunanto).*

Selama perjalanan mereka berhenti di dua lokasi untuk foto bersama yaitu di depan Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika, dan selasar depan Taman Tegallega.

Perjalanan berlanjut  menuju markas besar FBI di Jalan M. Toha (rumah komandan sepuh FBI), di sana mereka menggelar syukuran, ramah tamah, dan rapat kerja pembahasan agenda kegiatan terdekat yang akan dilaksanakan.

Hayu, #biketokamanawae minimal untuk jarak yang pendek, tetap bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika, karena bersepeda itu baik.

Salam boseh dan go green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.