METRUM
Jelajah Komunitas

Resimen Mahasiswa 908 UIN Mataram

RESIMEN Mahasiswa atau yang lebih sering kita kenal akrab dengan panggilan Menwa adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa). Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut.

Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Resimen Mahasiswa melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tanggal 11 Oktober Tahun 2000 tentang pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa yang berada langsung di bawah pembinaan perguruan tinggi sebagai unit kegiatan mahasiswa, yang sebelumnya menjadi wilayah pembinaan kementerian pertahanan yang dibina secara khusus dalam pendidikan kedisiplinan dan bela negara.

Semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah “Widya Çastrena Dharma Siddha”,  yang berarti “Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan”.

Anggota Menwa (wira) di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa/mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung di bawah rektorat.(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Resimen_mahasiswa)

Salma Salsabila, adalah anggota dari Resimen Mahasiswa 908 UIN Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia mengikuti organisasi tersebut pada awal semester 3, ia mengatakan bahwa tugas menwa adalah menghadiri acara resmi dosen, rektorat, dekan, rektor yang ada di kampus.

“Sebagai resimen mahasiswa, pokoknya setiap ada acara resmi di kampus kita stand by, kita selalu siap ikut dan mendukung acara,” tuturnya.

Menurut Salma, resimen mahasiswa saat ini biasanya ada di setiap kampus. “Jika di kampus UIN Mataram nomor resimen mahasiswanya 908, ada juga Universitas Muhammadiyah nomornya 901, beda-beda nomornya di setiap universitas,” ujar Salma. (Hanifah/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: