METRUM
Jelajah Komunitas

Review MotoGP Inggris 2023: Juara di Inggris, Espargaro Angkat Pamor Aprilia

SETELAH libur musim panas sebulan, MotoGP 2023 kembali beraksi memberikan tontonan aksi seru pada seri IX MotoGP Inggris di sirkuit Silvertsone, Inggris pada Minggu (6/8/2023). Aleix Espargaro (Spanyol) kapten tim Aprila Racing tampil “all out” menyalip juara dunia Francesco “Pecco” Bagnaia (Ducati Lenovo, Italia) jelang finis pada cuaca yang berubah cepat hujan tidak merata memupus kemenangan andalan tim Ducati Lenovo yang harus puas finis kedua, diikuti posisi ketiga Brand Binder (Red Bull KTM/Afsel) yang tampil prima.

Sementara pemegang “pole position” Maco Bezzecchi (Mooney VR-46 Ducati) tak finis karena terlalu memforsir ingin menyalip Pecco yang start dari gid kedua. Nasib sial juga dialami pemenang Sprint Race Alex Marquez (Gresini Racing Ducati/Spanyol), yang harus terhenti di pertengahan lomba akibat gangguan teknis pada motor Ducati-nya.

Tiga posisi podium MotoGP Inggris 2023 di isi oleh tiga tim pabrikan Eropa (Aprilia,Ducati dan KTM) menegaskan dominasi pabrikan Eropa yang kini menguasai MotoGP paska Covid-19, sementara dua pabrikan Jepang, Honda dan Yamaha semakin sulit bersaing.

Honda dan Yamaha terpuruk

Tepuruknya pabrikan Jepang terbukti dengan dua andalan tim Repsol Honda yang diperkuat juara dunia 8 kali MotoGP Marc Marques (Spanyol) dan juara dunia 2020 Joan Mir (Spanyol) lagi-lagi tak mencapai finis karena terjatuh. Sementara juara dunia 2021, Fabio Quartarao juga terbenam di barisan belakang, terlibat menabrak bagian belakang Luca Marini (Mooney VR-46 Ducati) sehingga harus ganti motor cadangan yang disiapkan dengan ban tipe basah sehingga bisa finis ke-15 mendapat poin 1.

Pukulan berat bagi tim Pabrikan Honda (Repsol Honda) dan Yamaha (Monster Enegy Yamaha) dengan Marc Marquez juara dunia MotoGP 8 kali yang belum pernah finis musim ini pada race utama dan rekan setimnya yang baru Joan Mir (juara dunia 2020) juga mengalami nasib yang sama. Demikian juga tim satelitnya, LCR Honda, posisi finis Takaaki Nakagami (Idemitsu LCR Honda/Jepang) urutan ke-16 dan pembalap pengganti Alex Rins yang masih cedera, Iker Lecuona (Castrol LCR Honda/Spanyol) finis ke-17.

Marc Maquez (Repsol Honda) untuk kesekian kalinya jatuh lagi di MotoGP Inggris 2023, sepanjang musim ini Marquez belum pernah finis. (Foto: HRC).*

Kondisi dua pabrikan besar dari Jepang ini tak lepas dari pandemi Covid-19 yang menyebabkan selama tahun 2020 dan 2021, isolasi perjalanan dari Jepang ke Eropa menyebabkan komunikasi masalah teknis dan pengembangan langsung tatap muka terhenti dengan Eropa mandek, dana juga tesendat untuk R & D sehingga dua pabrikan Jepang Honda dan Yamaha tak berkembang secepat pabrikan Eropa (Ducati, Aprilia dan KTM) yang basisnya di Eropa menyebabkan perkembangan teknis lancar dan kini mereka menuai hasilnya.

Pembalap veteran Honda Mike Doohan (Australia) juara dunia 5 kali GP500 mengatakan akan butuh waktu bagi Honda dan Yamaha untuk bangkit, sementara Suzuki yang menyadari sulit besaing dengan kondisi ini memilih mundur dari MotoGP mulai 2023.

“Saya pikir tidak mudah bagi Honda dan Yamaha kembali bisa kompetitif, butuh waktu lama dan masalah  sasis aerodinamika yang dikembangkan sukses oleh Ducati dan Aprilia belum bisa diimbangi Honda dan Yamaha. Sekarang MotoGP sudah seperti GP F1, Eropa mengembangkan sasis yang aerodinamik mirip F1,” ungkap Doohan pada majalah Motociclismo Italia.

Sukses merebut seri IX MotoGP Inggris 2023 oleh Espargaro, merupakan kemenangan pertama Aprilia musim ini di kelas MotpoGP dan yang kedua setelah tahun lalu pertama kali Espargaro memberi Aprilia kemenangan di arena MotoGP.

“Saya gembiara setelah mengalami awal musim yang sulit akhirnya bisa merebut kemenangan pertama musim ini bagi Aprilila, semoga pada seri selanjutnya bisa konsisten memberi perlawanan pada para pembalap Ducati,” ungkap Aleix Espargaro yang musim lalu merebut kemenangan pertama bagi Aprilia di kelas MotoGP.

Meski finis kedua, Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo/Italia) masih memimpin klasemen dengan raihan 214 poin, mengungguli rangking kedua Jorge Martin (Pramac Ducati/Spanyol) 173, ketiga Marco Bezzecchi (Mooney VR-46 Ducati/Italia) 167, keempat Brad Binder (Red Bull KTM/Afsel) 131 dan kelima Johann Zarco (Pramac Ducati/Prancis) 122.

Lomba berikutnya seri X MotoGP Austria di Red Bull Ring, dua pekan mendatang Minggu (20/8/2023). (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.