METRUM
Jelajah Komunitas

Roglic Solid di Etape VI, Ambil Alih Kaus Kuning

Criterium du Dauphine Ke-76/2024

ALLEVARD, PRANCIS (METRUM) – Meski usianya tidak muda lagi, Primoz Roglic (34) jago tanjakan asal Slovenia juara 3 kali Vuelta a Espana dan Giro d’Italia 2023 membuktikan masih mampu unjuk gigi memenangi rute tanjakan etape VI balap sepeda Criterium du Dauphine 2024, sekaligus merebut kaus kuning (pimpinan klasemen) dari genggaman Remco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia) yang finis urutan ke-8 tertinggal 42 detik.

Roglic yang tahun ini pindah dari tim Jumbo Visma (Belanda) ke tim Bora Hansgrohe (Jerman) melesat pada 2 km terakhir meninggalkan para pesaingnya dan finis terdepan sendirian pada etape VI menyelesaikan jarak 174 km (Hauterives – Le Collet d’Allevard), Sabtu (8/6/2024) dinihari WIB dengan dengan waktu 4 jam 19 menit 39 detik, posisi kedua Giulio Ciccone (LiDL Trek/Italia) + 3 detik dan ketiga Aleksandr Vlasov (Bora Hansgrohe/ex. Rusia) + 11 detik.

Dengan memenangi etape VI uggul 42 detik atas Evenepoel, maka kaus kuning tanda pimpinan klasemen diambil alih oleh Roglic yang kini balik unggul 19 detik atas Evenepoel yang tadinya hingga etape V unggul 33 detik atas Roglic.

“Saya puas bisa memenangi rute tanjakan cukup berat etape VI sekaligus mengambil alih kaus kuning dari Evenepoel. Hasil ini melegakan setelah kemarin pada etape V terjadi kecelakaan yang menyebabkan 50an atlet terjatuh pada kecepatan tinggi termasuk saya,” ungkap Roglic pada jumpa Media usai finis.

“Beruntung tidak ada cedera berat, namun tulang pundak kiri yang retak akibat terjatuh pada lomba Itzuila Basque Country, April lalu belum pulih benar sehingga saya harus amat hati hati dan pergerakan lengan kiri masih terbatas sulit menjangkau saku di “jersey” bagian belakang. Lomba Criterium Dauphine masih dua etape lagi, saya harus amat hati-hati,” tegasnya.

Klasemen hingga etape VI (174 km):

  1. Primoz Roglic (Bora Hansgrohe/Slovebia) 16 jam 47 menit 44 detik
  2. Remco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia) + 19 detik
  3. Matteo Jorgensen (Visma Lease a Bike/AS) + 58 detik
  4. Derek Gee (Israel Premier Tech/Kanada) + 1 menit 1 detik
  5. Aleksandr Vlasov (Bora Hansgrohe/eks. Rusia) + 1 menit 32 detik

Sabtu (8/6/2024) etape VII, rute tanjakan Albertville – Samoens 1600 (145 km) menjadi ajang duel Roglic vs Evenepoel untuk perebutan kaus kuning. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.