METRUM
Jelajah Komunitas

Dauphine ke-76/2024: Kecelakaan Masal di Jalan Basah, Etape V Dinetralisasi

KECELAKAAN hebat terjadi pada etape V balap sepeda Criterium du Dauphine ke-76/2024, rute datar 167 km (Amplepuis ke Saint Priest di Prancis) pada Jumat (7/6/2024) dinihari WIB pada jalan lurus kondisi amat basah akibat hujan menyebabkan sekitar 50 atlet tiba-tiba tergelincir pada kecepatan tinggi 60-70 km/jam. Akibatnya etape V dinetralisasi tanpa pemenang.

Musibah yang terjadi sekitar 20 km menuju finis ini menyebabkan banyak atlet saling bertabrakan dan menderita cedera ringan dan serius. Di antara atlet unggulan yang cedera, pemegang kaus kuning (pimpinan klasemen) Remco Evenepoel (Soudal-Quick Step/Belgia) dan “runner up” klasemen, Primoz Roglic (Bora Hansgrohe/Slovenia) namun masih bisa meneruskan lomba. Sementara deua atlet andalan tim Visma Lease a Bike, Steven Kruijswijk dan Dylan Van Baarle, keduanya asal Belanda cedera cukup parah sehingga tak bisa meneruskan lomba.

Setelah kejadian tak tersedia ambulance yang cukup untuk membawa yang cedera dengan berbagai kondisi, sehingga ambulance cadangan harus didatangan yang memakan waktu cukup lama. Akibat kekurangan ambulance ini, lomba harus dinetralisasi karena tidak ada ambulance tersisa untuk mengawal lomba hingga finis.

Peserta balap sepeda, etape V Criterium Dauphine 2024 dinetralisasi setelah terjadi kecelakaan hebat 50 atlet berjatuhan di jalan licin hujan. (Foto: Getty Images).*

Setelah penangan yang cedera selesai, peserta yang masih fit dan cedera ringan di start lagi “netralisasi” dengan kecepatan terbatas dipandu mobil direktur lomba hingga finis sejauh sisa 20 km, tanpa ada pemenang etape V.

Hasil Klasemen hingga etape V (sama dengan etape IV):

  1. Remco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia) 12 jam 27 menit 22 detik
  2. Primoz Roglic (Bora Hansgrohe/Slovenia) + 33 detik
  3. Matteo Jorgensen (Visma Lease a Bike/AS) + 1 menit 4 detik
  4. Derek Gee (Israel Premier Tech/Kanada) + 1 menit 11 detik.

Jumat (7/6/2024) Etape VI menempuh rute tanjakan berat, Hauterives-Le Collet d’Allevard 174 km, finis di tanjakan kategori HC (ketinggian 1.415 m). (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.