METRUM
Jelajah Komunitas

Selamat Hari Musik Nasional, Cintai dan Hargai Karya Musik Tanah Air

METRONOM, tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Apakah Metronom sudah mengetahui hal ini? Lantas, mengapa tanggal 9 Maret bisa ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional?

Penetapan Hari Musik Nasional bermula dari pemilihan tanggal lahir komponis besar asal Indonesia, Wage Rudolf Supratman atau yang lebih dikenal dengan W. R. Supratman. Menurut berbagai data, ia lahir pada tanggal 9 Maret 1903.

Penetapan tanggal 9 Maret menjadi Hari Musik Nasional dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono lewat Keputusan Presiden No. 10 Tahun 2013.

Keppres tersebut menyebutkan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, dan untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional, maka tanggal 9 Maret ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional.

Meski sebenarnya tanggal lahir W. R Supratman ditetapkan pada 19 Maret 1903. Penetapan ini berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29  Maret 2007. Putusan pengadilan tersebut disetujui oleh keluarga WR Supratman.

Pada intinya Hari Musik Nasional menjadi simbol kebangkitan musik nasional dan juga daerah. Diharapkan dengan ditetapkannya Hari Musik Nasional menjadikan masyarakat Indonesia lebih mencintai dan menghargai karya-karya musik Tanah Air.

Sejatinya, karya indah pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman menjadi inspirasi musik nasional sebagai jati diri bangsa Indonesia, mari budayakan cinta pada karya musisi nasional!

Selamat Hari Musik Nasional 2022, keragaman musik Indonesia adalah aset yang harus terus dikembangkan untuk mengiringi perjalanan bangsa ini menuju kemajuan dan kesejahteraan.(M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: