METRUM
Jelajah Komunitas

Teleskop Baru Antariksa NASA Lihat Cahaya Bintang Pertama

TELESKOP baru antariksa NASA telah menangkap cahaya bintang pertamanya dan mengambil swafoto cermin emas raksasanya.

Semua 18 segmen cermin utama pada Teleskop Antariksa James Webb tampaknya berfungsi dengan baik selama 1½ bulan dalam misi, kata para pejabat Jumat. Target pertama teleskop adalah bintang terang yang berjarak 258 tahun cahaya di konstelasi Ursa Major.

“Itu benar-benar momen yang luar biasa,” cetus Marshall Perrin dari Space Telescope Science Institute di Baltimore, seperti dilansir dari VOA.

Dalam beberapa bulan ke depan, segmen cermin heksagonal — masing-masing seukuran meja di ruang tamu — akan disejajarkan dan difokuskan menjadi satu, memungkinkan pengamatan sains dimulai pada akhir Juni. Observatorium inframerah $10 miliar itu dianggap sebagai penerus Teleskop Antariksa Hubble yang menua.

Teleskop Webb akan mencari cahaya dari bintang dan galaksi pertama yang terbentuk di alam semesta hampir 14 miliar tahun lalu. Webb juga akan memeriksa atmosfer dunia asing untuk kemungkinan tanda-tanda kehidupan.

Sementara semuanya tampak baik sejauh ini pada Webb, para teknisi harus bisa mengesampingkan kekurangan cermin utama pada bulan depan, kata Lee Feinberg, manajer elemen teleskop optik Webb.

Cermin Webb yang berlapis emas dan tinggi 6,5 meter adalah yang terbesar yang pernah diluncurkan ke antariksa. Kamera inframerah pada teleskop mengambil gambar cermin sementara satu segmen menatap bintang yang menjadi sasaran.

NASA merilis hasil swafoto itu, bersama mosaik cahaya bintang dari masing-masing segmen cermin. Ke-18 titik cahaya bintang menyerupai kunang-kunang terang yang terbang di langit malam yang gelap.

Webb diluncurkan dari Amerika Selatan pada Desember dan mencapai tempat yang ditetapkan sejauh 1,6 juta kilometer bulan lalu. (M1-VOA/ka/ah)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.