METRUM
Jelajah Komunitas

Hari Radio Dunia, 13 Februari 2022: “Radio dan Kepercayaan!”

SEJAK dideklarasikan tahun 2011 oleh negara-negara anggota UNESCO, dan diadopsi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2012, setiap tanggal 13 Februari kini dicanangkan menjadi Hari Radio Dunia (WRD) dan menjadi salah satu Hari Internasional PBB.

Menurut UNESCO, pemilihan tanggal 13 terikat dengan tanggal berdirinya Radio Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 13 Februari 1946. Oleh karena itu, tanggal tersebut merupakan pilihan yang wajar untuk merayakan media massa ini. Pencanangannya didahului proposal awal dari Spanyol pada tahun 2011, yang kemudian dengan suara bulat disetujui pada tahun berikutnya oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Tujuan dari Hari Radio Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya radio dan mendorong para pengambil keputusan menggunakannya untuk menyediakan akses informasi, dan untuk meningkatkan kerja sama internasional di antara para penyiar,” mengutip UNESCO dalam situsnya, Minggu (13/2/2022).

Menurut UNESCO, radio adalah media yang kuat untuk merayakan kemanusiaan dalam berbagai bentuk keragamannya dan menjadi platform untuk wacana demokrasi. Pada tingkat global, radio juga tetap menjadi media yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. 

Radio juga memiliki kemampuan unik yang dapat menjangkau khalayak luas, yang berarti dapat membentuk pengalaman keragaman masyarakat, berdiri sebagai arena bagi semua suara untuk berbicara, diwakili, dan didengar. 

UNESCO juga mengajak seluruh stasiun radio untuk dapat melayani komunitas yang beragam, menawarkan beragam program, sudut pandang dan konten, dan mencerminkan keragaman audiens dalam organisasi dan operasi mereka.

Radio terus menjadi salah satu media yang paling tepercaya dan digunakan di dunia, menurut berbagai laporan internasional. Tema Hari Radio Sedunia edisi 2022 dengan demikian dikhususkan untuk ‘Radio dan Kepercayaan.

Pada kesempatan Hari Radio Sedunia 2022, UNESCO mengimbau stasiun radio di seluruh dunia merayakan edisi ke-11 kegiatan ini dan lebih dari satu abad lahirnya radio.

UNESCO menyatakan untuk edisi WRD kali ini dibagi menjadi tiga subtema utama: Percaya pada jurnalisme radio; Kepercayaan dan aksesibilitas; dan Kepercayaan dan kelangsungan hidup stasiun radio.

Hari Radio Dunia adalah salah satu Hari Internasional PBB yang paling populer. Setiap tahun, ratusan stasiun radio di seluruh dunia bergabung dalam perayaan ini. Situs web resmi untuk perayaan ini menerima rata-rata lebih dari 100.000 kunjungan per tahun. (M1)***

World Radio Day, Sabtu, 13 Februari 2022 (Sumber: Metrum).*

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: