METRUM
Jelajah Komunitas

Tour de France ke-111/2024: Unggul Sprint Etape VIII, Girmay Kembali Berjaya!

COLOMBEY, PRANCIS (METRUM) – Sprinter kulit hitam Biniam Girmay (24) asal Eritrea, Afrika kembali membuktikan kemampuan sprintnya yang “explosive” dengan memenangi adu sprint finis masal etape VIII Tour de France (TdF) 2024 di Colombey-les-Deux-Eglises, Sabtu (6/7/2024).

Ini adalah sukses kedua kalinya bagi sprinter tim Intermarche-Wanty ini  setelah pada etape III menciptakan sejarah menjadi atlet asal benua Afrika pertama yang memenangi etape di lomba grand tour  paling bergengsi TdF.

Finis TdF etape VIII di kota Colombey-les-Deux-Eglises bagi warga Prancis merupakan kota bersejarah dimana almarhum presiden terkemuka Prancis, Charles de Gaulle tinggal dan dimakamkan.

Kesabaran Girmay pemegang kaus hijau king of sprint TdF dalam taktik adu sprint finis etape VIII (start dari Auxois sejauh 183 km) akhirnya membuahkan hasil setelah terus membuntuti sprinter terkemuka Jasper Philipsen (Alpecin Deceuninck/Belgia) — pemegang gelar king of sprint TdF 2023) –, yang semula menemepel pembuka inisiatif sprint finis, Bryan Coquard (Cofidis) dari jarak yang masih jauh.

Kemudian Jasper melewati Bryan Coquard dan terus melaju meneruskan sprint finisnya, namun Girmay yang terus menempel Philipsen melewatinya untuk merebut kemenangan etape VIII.

Philipsen harus puas finis kedua dan ketiga Arnaud de Lie (Lotto Dstny/Belgia). Ketiga sprinter ini finis bersamaan dengan peloton besar temasuk pemegang kaus kuning (pimpinan klasemen) Tadej Pogacar (UAE Emirates/Slovenia), sehingga tak ada perubahan di klasemen umum, Pogacar kokoh menguasai kaus kuning.

Bagi Philipsen pemegang kaus hijau king of sprint TdF 2023, belum memenangi etape rute datar TdF 2024 hingga etape VIII, tentu mengecewakan karena dua kali kalah oleh Girmay dan sekali kalah oleh Mark Cavendish.

Pada etape VIII, salah satu sprinter terkemuka, Mads Pedersen (Lidl Trek/Denmark) tak bisa start, mengundurkan diri akibat luka yang dideritanya akibat terjatuh pada etape V.

Sukses yang diraih sprinter Biniam Girmay (Intermarche-Wanty) telah merebut dua etape datar TdF 2024 menjadikan sprinter asal Afrika ini semakin solid memimpin klasemen kaus hijau (King of Sprint).

Minggu (7/7/2024) etape IX TdF akan menempuh rute sebagian gravel seputar Troyes menempuh jarak 199 km. Rute gravel ini kemungkinan akan memunculkan kejutan dan drama karena kemungkinan kempes ban dan kendala teknis bisa dihadapi peserta siapa saja, dan bagi sprinter Girmay membuka peluangnya untuk kembali unjuk gigi.

Klasemen hingga Etape VIII:

  1. Tadej Pogacar (UAE Emirates/Slovenia) 31 jam 21 menit 13 detik
  2. Remco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia) + 33 detik
  3. Jonas Vingegaard (Visma – Lease a Bike/Denmark) + 1 menit 15 detik
  4. Primoz Roglic (Red Bull Bora/Slovenia) + 1 menit 36 detik
  5. Juan Ayuso (UAE Emirates/Spanyol) + 2 menit 16 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.