METRUM
Jelajah Komunitas

5 Aksi Kontroversial dalam Sejarah Musik Rock

BANYAK cara yang bisa dilakukan oleh musisi untuk menarik perhatian masyarakat. Karya yang indah adalah salah satu cara untuk menarik perhatian penggemar. Musik rock memang dikenal sebagai musik yang bebas dan keras. Tidak sedikit masyarakat yang memandang musisi musik rock juga demikian. Terlepas dari berbagai karya dan prestasi yang sudah diberikan oleh musisi rock di tanah air, tidak bisa menutup diri terhadap beberapa aksi para musisi rock dunia yang kerap mendapat kencaman dari masyarakat.

Berikut 5 aksi yang pernah dilakukan musisi rock dan dianggap kontroversi:

1. John Lennon menyatakan “the beatles lebih popular dari Yesus”

The Beatles tahun 1966. (Sumber Foto: Ron Howard/Redferns, Grammy.com).*

Sebuah pernyataan yang begitu memicu kontroversi publik disampaikan John Lennon, gitaris sekaligus vokalis dari grup yang sangat popular yaitu The Beatles. Diketahui pernyataan tersebut dirilis dalam sebuah surat kabar pada tahun kejayaan the beatles pada tahun 1966. Pernyataan tersebut mendapat kecaman keras dari publik, bahkan sempat turun para demonstran yang membakar karya-karya the beatles di jalanan, bahkan konser mereka pun diboikot. Setelah melihat ancaman dan kecaman yang diberikan kepada anggota the beatles John Lennon angkat suara dan meminta maaf.

2. Ozzy Osbourne Menggit kepala kelalawar di atas panggung

Ozzy Osbourne (Sumber foto: Ozzy.com).*

Kontroversi memang sangat melekat dengan salah satu rocker yang satu ini, salah satu aksinya yang menuai kecaman adalah saat Ozzy Osbourne mengigit kepala kelalawar hingga putus di atas panggung saat aksi nyanyinya. Publik yang merasa tidak nyaman menyampaikan asumsi bahwa Ozzy adalah pemuja setan karena aksinya tersebut.

Setelah berita menyebar Ozzy Osbourne menyampaikan bahwa dia tidak tahu bahwa kelalalawar tersebut hidup dan bukan boneka. Meski begitu padangan publik tentangnya tidak hilang dengan mudah dan sejak itu dia disebut sebagai pemuja setan.

3. Sex Pistols mengumpat di acara televisi

Sex Pistols (Sumber foto: Grammy.com).*

Sex Pistols terkenal sejak merilis lagu Anarky in the UK. Di sebuah undangan acara televisi, anggota Sex Pistols menampilkan hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang publik figur. Dalam salah satu acara televisi mereka diberikan beberapa pertanyaan oleh seorang pembawa acara, namun bukannya memberikan jawaban, mereka justru mengeluarkan kata-kata umpatan yang sangat tidak baik untuk ditayangkan di televisi.

4. G.G Allin Kebiasaan Aneh

G.G Allin (Sumber foto: en.wikipedia.org).*

G.G Allin memang terkenal dengan tingkah kontrversinya, bahkan nonpenggemar selalu menyebutnya dengan penyanyi tanpa karya karena seringkali terkenal dengan kontroversinya. Sikap yang memicu kontoversi di antaranya saat G.G melakukan konser, dia selalu melakukan hal menjijikan yaitu buang kotoran di panggung dan melempar kotorannya ke penonton, selain itu G.G juga mengaku menyukai dan selalu melakukan aksi lempar tersebut dari atas panggung. Terlepas dari itu, G.G adalah idola dari para penggemarnya.

5. Rage Against The Machine

Rage Against The Machine (Sumber foto: Ratm.com).*

Band ini merupakan salah satu band yang dikenal sangat kencang dalam mengkritik isu-isu politik. Rage Against The Machine pernah melakukan protes namun dianggap kontroversi oleh masyarakat. Pada tahun 1993, tepatnya pada pestival lulapaluja, band yang terdiri dari empat orang ini melakukan aksi show tanpa busana sedikitpun serta melakban mulut mereka sebagai bentuk protes anti penyensoran. (Uun/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: