METRUM
Jelajah Komunitas

Arah Pandang Sebuah Bincang Ideologi & Politik Internasional

PERADABAN manusia tidak pernah lepas dari cara pandang masyarakat tentang pranata sosial di dalamnya. Berbagai rumusan dari pola laku masyarakat ini melahirkan orang-orang dengan berbagai tesis, anti-tesis, dan sintesa ihwal sebuah peradaban. Kita mengenalnya sebagai ideologi. KBBI merumuskannya sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.

Ragam ideologi selalu menarik untuk kita ikuti. Pengetahuan tentang ideologi membantu masyarakat untuk mengenal dirinya, mengenal tujuannya, dan membangun kerja yang selaras dengan jati diri dan tujuannya. Pengetahuan ideologi juga membantu masyarakat untuk mengenal alternatif-alternatif ideologi lainnya, sehingga membantu mereka menyusun pranata sosialnya dengan lebih baik lagi.

Hilangnya pengetahuan ideologi justru membuat masyarakat sebuah wilayah akan kehilangan jadi dirinya dan arah tujuannya. Mereka akan cenderung melabeli negatif ideologi-ideologi yang berlainan, sehingga gagal mengambil pelajaran berharga dari berbagai pandangan yang berbeda. Hasilnya, sebuah masyarakat tidak akan pernah mampu merumuskan dirinya, merumuskan langkah tujuannya, dan bekerja secara acak tanpa arah yang jelas.

Program Bincang-bincang “Arah Pandang” mengulas ideologi-ideologi yang pernah hadir di dunia ini dari perspektif akademik dengan cara yang populer. Kehadiran program ini bisa memberikan wawasan kepada khalayak, khususnya para metronom pendengar Metrum Radio tentang ragam ideologi, sehingga membantu mereka mengenal dirinya sendiri, merumuskan tujuannya, dan bekerja secara terarah.

Program Arah Pandang bertujuan memberikan wawasan tentang ragam ideologi di dunia, membantu memberikan pandangan tentang peta pranata sosial masyarakat Indonesia, membangun cara pandang yang menyeluruh dan presisi terhadap peradaban-peradaban yang ada di dunia, dan memberikan masukan untuk resolusi konflik akibat perbedaan ideologi di masyarakat.

Arah Pandang menghadirkan Desmond Satria Andrian sebagai narasumber. Desmond merupakan Edukator  Museum Konperensi Asia-Afrika Bandung, alumni Sastra Perancis Universitas Padjadjaran dan meraih gelar magisternya di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan, Bandung. Kini, Desmond aktif mengajar politik internasional di beberapa perguruan tinggi di Bandung dan mengampu kajian Geostrategy Study Club.

Program talkshow “Bincang Ideologi & Politik Internasional: Arah Pandang” disiarkan setiap Hari Kamis, selama 1 jam, mulai pukul 18.30 WIB.

Selain mendengarkan via www.metrum.co.id short link: bit.ly/WebMetrum, Metronom juga bisa mendengarkan program ini melalui:

Aplikasi Android Metrum Radio yang bisa Anda download melalui Play Store atau Google Play dengan short link: bit.ly/MetrumRadio atau melalui Radio Garden dengan link: https://radio.garden/listen/metrum-radio/ZMzeMgDi. Anda juga bisa menyimak Metrum Radio melalui Radio Online dengan link: https://radioonline.co.id/metrum/

Nonoman Metrum juga dapat mendengarkan Podcast (rekaman) Talkshow dan Program Acara Metrum Radio melalui https://anchor.fm/metrum-radio

Berikut Podcast siaran “Bincang Ideologi & Politik Internasional: Arah Pandang” Episode 10 tentang Perundingan Linggajati, Sebuah Terobosan pada Kamis 3 Oktober 2019, Pukul 18.30 – 20.00 WIB di Metrum Radio.

Yuk kita menambah wawasan dan cakrawala berpikir lewat program ini. Selamat mendengarkan! (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: