METRUM
Jelajah Komunitas

Bijak Menggunakan Media Sosial

MEDIA sosial (medsos), sebuah media daring yang digunakan oleh banyak orang, penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi, berbagi, menciptakan isi, dan dunia virtual tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Di zaman sekarang media sosial tidak dapat dilepaskan dari kehidupan seseorang, seperti chat dengan WhatsApps, menonton YouTube, berbagi foto di Instagram, membaca berita di line, dan lainnya.

Saat ini, medsos yang banyak diakses anak muda adalah aplikasi tiktok. Di aplikasi tiktok semua orang bisa menunjukan kreativitas mereka masing-masing. Lebih jauh, media sosial tidak hanya digunakan anak muda saja, tapi sekarang dipakai semua kalangan.

Dengan kemudahan mengakses segala hal, terkadang media sosial disalahgunakan untuk menyebarluaskan berita bohong, ujaran kebencian, mencaci orang, menghina orang, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, gunakanlah medsos dengan bijak, karena sudah banyak terjadi kasus penghinaan yang dilakukan netizen terhadap individu maupun kelompok. Contohnya, seperti kasus penghinaan terhadap anak Ayu Tingting di tiktok, keluarga Ayu Tingting ingin memenjarakan penghina anaknya.

Netizen Indonesia terkadang melebihi batas ketika memberikan komentar di medsos dan mengabaikan UU ITE. Kurangnya pemahaman atau edukasi tentang penggunaan media sosial ini yang menyebabkan kasus serupa kembali terulang. Inilah beberapa cara agar kita selalu bijak dalam menggunakan media sosial:

  1. Jangan asal posting, kita harus mengkaji ulang sebelum memposting, periksa kebenarannya (check & recheck) sebelum tayang.
  2. Jaga etika berkomunikasi, kita harus menjaga etika ketika berbicara ataupun berkomentar dan hindari menyinggung orang.
  3. Hindari penyebaran konten yang berbau SARA, pornografi, dan kekerasan.
  4. Menghargai hasil karya orang lain. Hargai hasil karya orang lain dengan mengapresiasi karya orang lain.
  5. Jaga privasi. Berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi di medsos.
  6. Selalu waspada dan jangan gampang percaya. Selalu cross check kebenaran berita. Ketika ada suatu informasi di medsos kita tidak boleh langsung menelannya bulat-bulat dan alangkah baiknya kita membaca atau melihat sesuatu dari akun resmi bukan akun abal-abal. (Rizvi Adam Nurmansyah/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.