METRUM
Jelajah Komunitas

Dampak Begadang bagi Kesehatan

BEGADANG mempunyai efek buruk bagi kesehatan. Menurut Sleep Foundation, selama ini banyak orang begadang hanya untuk merampungkan serial film, main games, atau berpesta dengan temannya. Inilah beberapa dampak buruk dari begadang.

Potensial meningkatkan gula darah

Dampak buruk begadang yang pantang diabaikan adalah peningkatan kadar gula darah. Seperti diketahui, kadar gula darah tinggi menjadi penyebab utama penyakit jantung dan ginjal.

Pola makan buruk

Terlalu sering begadang dapat berdampak pada pola makan kita, karena dengan begadang dapat mengubah pola makan menjadi tidak sehat. Agar tetap terjaga, orang yang begadang cenderung makan pada larut malam. Dampaknya, porsi makan dalam sehari jadi berlebihan.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Penelitian mengungkapkan efek begadang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena perubahan pola tidur yang tidak menentu. Untuk setiap jam “jet lag” pergeseran jam tidur tersebut, risiko penyakit jantung orang yang begadang meningkat sebesar 11 persen.

Menurunkan kemampuan otak

Efek dari begadang juga dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk berpikir. Fungsi otak ini terkait dengan perhatian, fokus, konsentrasi, respons, daya ingat, sampai kecerdasan emosional. Selain itu, kurang tidur karena begadang juga dapat menurunkan kreativitas dan kemampuan otak dalam memecahkan masalah.

Itulah beberapa efek yang terjadi ketika kita keseringan begadang, perubahan pola tidur akan berdampak pada kesehatan di kemudian hari. (Rizvi Adam Nurmansyah/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: