METRUM
Jelajah Komunitas

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

BULU tangkis (badminton) adalah permainan olahraga yang sangat dikenal masyarakat lintas generasi di Indonesia, baik kaum muda atupun tua, pria maupun wanita.

Bulu tangkis adalah suatu olahraga yang menggunakan alat pemukul (raket) yang berbentuk bulat dengan memiliki rongga-rongga di bagian pemukulnya dan memiliki gagang. Olahraga ini dapat dimainkan dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mirip dengan tenis lapangan, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock“) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Olahraga merakyat yang populer di tanah air ini, cukup mudah dilakukan, namun setidaknya setiap pemain harus menguasai teknik dasarnya.

Inilah beberapa teknik dasar yang harus dikuasai saat bermain bulu tangkis.

1. Memegang raket (Grip)

Teknik memegang raket (Sumber Gambar: Badminton Bay).*

Teknik dasar badminton yang paling penting yang harus diketahui adalah cara memegang raket. Memegang raket tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika pemula mengabaikan teknik memegang raket, hal ini dapat mengakibatkan cedera.

Sebenarnya, tindakan memegang raket tidak jauh berbeda dengan tindakan berjabat tangan, loh. Pada tindakan memegang raket, posisi jari menyesuaikan kenyamanan genggaman, termasuk letak ibu jari.

Selain itu, kamu harus menentukan cara genggamannya, yakni tidak boleh terlalu kuat. Walau begitu, posisi jari dan cara genggaman yang berbeda akan memengaruhi jenis teknik tertentu. Beberapa teknik memegang raket yang dikenal antara lain teknik american gripbackhand gripforehand grip, dan combination grip.

2. Sikap dan posisi tubuh (stance)

Sikap dan juga posisi tubuh sangat menentukan dalam permainan bulu tangkis. Biasanya dikenal dengan 3 sikap bermain bulu tangkis, yaitu posisi menyerang, posisi bertahan, dan posisi melawan/membalikkan netting..

3. Gerak kaki (Footwork)

Ada 4 tips yang dilakukan agar permainan badminton menjadi optimal. Pertama, pastikan base atau starting point kamu kemudian ingat. Kedua, mundurlah maksimal 3 langkah jika perlu mundur. Ketiga, bergerak secara maksimal atau satu langkah jika diperlukan. Keempat, kamu hanya boleh maju maksimal 3 langkah jika harus maju.

4. Servis (serve)

Servis teknik dasar yang tidak boleh dilupakan, apalagi gerakan servis menandakan bahwa permainan telah dimulai. Ada 2 jenis servis yang dapat dilakukan yaitu, servis atas dan juga servis bawah.

5. Smash

Teknik ini merupakan pukulan serangan yang paling kuat yang ada di permainan bulu tangkis, di samping itu terdapat 3 tipe atau teknik smash yang dapat dilakukan, yaitu forehand smash, backhand smash, dan jumping smash.

6. Drop Shot

Teknik drop shot dapat kamu lakukan dengan cara memukul kok ke area tengah atau depan lawan secara cepat maupun standar. Teknik ini dilakukan untuk memaksa lawan bergerak ke depan areanya, sehingga kamu dapat menyerang area tengah atau belakangnya.

7. Clear atau Lob

Teknik clear atau lob merupakan kebalikan dari teknik drop shot. Apabila drop shot ditujukan agar lawan main terpaksa berpindah ke area depannya, clear membuat lawan main harus bergerak mundur ke area belakangnya. Jadi, kamu harus menargetkan area belakang terlebih dahulu sebelum menyerang area depan atau tengah.

8. Drive

Teknik dasar bulu tangkis terakhir yang perlu kamu ketahui adalah drive. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memukul kok secara cepat dan agak mendatar. Umumnya, teknik ini dilakukan oleh pemain ganda.

Gunanya yaitu untuk memojokkan lawan agar mereka tetap berada pada posisi bertahan alias tidak mengangkat raketnya.

Itulah 8 teknik dasar permain bulu tangkis. Selamat tetepakan! (Rizvi Adam Nurmansyah/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: