METRUM
Jelajah Komunitas

Diperkirakan Dua Bulan, Pemulihan Kondisi Pogacar Pascaoperasi

KONDISI Tadej Pogacar atlet sepeda Slovenia dari tim UAE Emirates setelah menjalani operasi di pergelangan tangan kirinya dikabarkan dalam kondisi baik dan harus menjalani pemulihan/istirahat sekitar dua bulan. Demikian dikatakan Dr. Adrian Rotunno direktur medis tim UAE Emiates pada Eurosport.   

Pogacar juara dua kali Tour de Fance mengalami cedera cukup parah pada tangan kirinya akibat tabrakan sesama pembalap sewaktu mengikuti lomba klasik tertua Liege –Bastogne – Liege 2023, Minggu (23/4/2023). Dia menabrak pembalap di depannya Mikkel Honore yang mengalami pecah ban depan dan belakang pada kecepatan tinggi, keduanya terjatuh dan menderita luka-luka yang parah dan diangkut ambulance.

Cedera pada pergelangan tangannya cukup rumit karena bukan hanya di dua bagian utama (Scaphoid dan Lunate) tapi juga di beberapa bagian tangan kiri lainnya sehingga penyambungan tulang yang putus dan retak amat sulit pada waktu operasi dan harus dipasang baut agar rata.

“Masalah yang dihadapi untuk penyembuhan rumit karena tulang Lunete perlu waktu yang lama untuk bisa sembuh,” ini yang menyulitkan Pogacar recovery dari cederanya ungkap Dr. A. Rotunno.

Persiapan Tour de France tanda tanya

Seharusnya setelah lomba Liege-Bastogne-Liege, Pogacar dan UAE Team Emirates bulan Mei akan menjalani latihan di dataran tinggi Sierra Nevada selama 3 minggu untuk persiapan menuju Tour de France (TdF).

Mauro Gianetti ,pimpinan UAE Team Emirates mengatakan persiapan Tadej Pogacar ke TdF kini menjadi tanda Tanya karena jarus melihat perkembangan di dua minggu kedepan.

“Pogacar mungkin mulai bisa latihan di sepeda Indoor dalam waktu dekat untuk menjaga kondisi setelah cedera tangan kirinya dinyatakan membaik oleh dokter namun untuk tahap latihan di sepeda, terlalu dini untuk memutuskan,” ungkap Gianetti.

“Akan perlu waktu lama dan jelas akan menyulitkan persiapan ke TdF dan pada kondisi apa yang bisa dicapai dalam waktu yang amat singkat karena TdF akan dimulai awal Juli,” tambahnya.

Sebelum TdF, jadwal semula Pogacar adalah mengikuti Tour de Slovenia sebagai pemanasan di bulan Juni.  Kini tampaknya tidak mungkin Pogacar bisa mengikuti jadwal itu. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.