METRUM
Jelajah Komunitas

Dodongkal, Kuliner Unik Khas Kota Bogor

KOTA Bogor terkenal akan keanekaragaman kuliner yang khas. Salah satu jenis kuliner yang wajib kita cicipi saat ke Bogor adalah Dodongkal.

Mungkin sebagian dari pembaca masih heran saat mendengar jenis kuliner tersebut. Padahal, Dodongkal ini merupakan makanan khas dari kota hujan.

Dilansir dari laman resmi Pemkot Bogor,  dodongkol keju merupakan makanan yang terbuat dari beras dan digiling hingga menjadi tepung.

Kemudian, tepung tersebut dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren untuk menambah rasa.

Dodongkal (Wikipedia)

Cita rasa kuliner ini lahir tak hanya dari bahan-bahannya saja. Alat untuk memasak yang menjadi ciri khas yakni alat pengukus khas tradisional Sunda, seeng.

Umumnya, seeng berbentuk dandang, namun bagian tengahnya meramping sementara bagian leher dan dasarnya lebih lebar. Dengan bentuk seperti ini, uap yang dihasilkan bisa tetap berada di dalam dandang sehingga dodongkal senantiasa hangat.

Jika sudah matang, dodongkal akan berbentuk seperti sebuah kerucut. Kemudian ditambah kelapa serut bahkan ditambah keju guna menambah varian rasa.

Penasaran? Anda bisa datang ke Jalan Suryakencana, Bogor untuk bisa mencicipi kuliner ini. Harganya juga masih bersahabat di kantong sehingga Anda bisa mencicipinya kapan saja.(M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: