METRUM
Jelajah Komunitas

Dukungan Dee Hsu untuk Atlet Taiwan Ditentang Warga Tiongkok

TAIWAN, ROC – Postingan artis Taiwan Dee Hsu di akun Instagramnya yang menyemangati atlet Taiwan dalam perhelatan Olimpiade mendatangkan protes dari netizen Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Dee Hsu diketahui bahkan mengunggah sebutan “atlet negara” dalam postingan di IG.

Dalam kurun 1 hari, diberitakan telah ada 4 pengusaha RRT yang memutuskan kontrak “brand ambassador” dengan Dee Hsu. Tindakan RRT tersebut mendapat pertentangan dari anggota legislator dari Partai Oposisi Kuomintang – Lin Wei-chou yang mempertanyakan kesalahan penggunaan kata atlet negara untuk atlet Taiwan. Selain itu, anggota legislator Partai Progresif Demokratik (DPP) – Kuan Bi-ling menyampaikan, jika hak tersebut tidak berdampak apa pun bagi Taiwan.

Pada Senin (2/8/2021) malam, Lin Wei-chou memposting di akun facebook (fb) miliknya yang mempertanyakan titik kesalahan dari penyebutan atlet negara bagi atlet Taiwan. Sedangkan Kuan Bi-ling juga memposting di fb-nya yang menyatakan jika tindakan RRT tidak akan berdampak bagi Taiwan.

Anggota legislator DPP lainnya – Chao Tien-lin menyampaikan bahwa postingan Dee Hsu di sosial media adalah bentuk dukungan bagi atlet Taiwan di ajang Olimpiade. Ia sangat menyayangkan jika postingan tersebut dilabel sebagai pendukung “Taiwan Merdeka”. Tidak hanya dibanjiri kritik oleh para penggemarnya, Dee Hsu juga harus kehilangan kontrak kerja sama “brand ambassador” dengan pengusaha RRT.

Chao Tien-lin menambahkan, intimidasi yang dilancarkan oleh RRT tidak hanya menyasar artis Taiwan, tetapi juga mencakup atlet dan anggota keluarga dari atlet kedua negara. Tindakan demi tindakan yang dilancarkan oleh RRT, tentu akan sangat bertentangan dengan prinsip keadilan yang terdapat dalam semangat Olimpiade. (M1-RTI)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: