METRUM
Jelajah Komunitas

Gerakan Hayu #Biketokamanawae akan Dikampanyekan Melalui Radio

PADA tahun 2016, lahir sebuah gerakan rekayasa sosial positif yang digagas oleh para pelaku perubahan, gabungan berbagai elemen masyarakat, dari pemerintah, komunitas penggerak lingkungan, pengusaha, pelajar dan komunitas pesepeda bernama Bandung Eco Transnport (BET).

Misi dan visinya adalah mewujudkan kondisi transportasi yang humanis dan ramah lingkungan dengan mengajak masyarakat melakukan kembali berbudaya jalan kaki, menggunakan angkutan publik, dan bersepeda.

Program-program bikeable atau bersepeda yang dilaksanakan adalah Katakan Cinta dengan Bersepeda, yang kemudian berubah menjadi Boseh (Bike On Street Everybody Happy) Jum’at, dilaksanakan setiap Jum’at pagi.

Lalu ada Bandung Nigthride (Bandung NR) setiap Rabu malam, Bandung 1.000 Sepeda yang dilaksanakan setahun sekali dalam moment Hari Perhubungan Nasional dan kampanye gerakan #biketokamanawae

Dishub Kota Bandung dan Forkom Bandung Raya gelar acara bertajuk Membangun Budaya Gerakan Bersepea #4 pada Sabtu (3/6/2023) di Balai Kota Bandung (Foto: Bandung.go.id).*

#biketokamanawae atau bersepeda kemana saja merupakan kampanye sederhana mengajak masyarakat agar gemar budaya bersepeda minimal untuk jarak yang pendek ke berbagai aktivitas apa saja.  Dicetuskan pertama kali oleh Aki Niaki, sosok influencer pelari dan pesepeda sebagai salah seorang  yang terlibat dalam gerakan BET.

#biketokamanawae didengungkan sebagai pelengkap kampanye bersepeda yang telah lama dilakukan yaitu bersepeda ke tempat kerja (bike to work/B2W), ke tempat kuliah (bike to campus/B2C), dan ke Sekolah (bike to school/B2S) dengan menitikberatkan pada bersepeda kemana saja dan aktivitas apa saja, seperti bersepeda ke pasar, mini market, rumah ibadah, rumah teman, diskusi, pertemuan, hajatan, menengok yang sakit, dan sebagainya.

Gerakan lebih banyak dilakukan melalui media sosial dengan membagikan foto kegiatan bersepeda sendiri atau bersama diberi caption menarik, mengajak, memotivasi, dan menginspirasi.

Beberapa tahun kemudian, setelah terjadi dinamika komunitas dan adanya pandemi, gerakan tersebut saya (selaku penulis) lakukan sendiri melalui akun Instagram (IG) ikon Bersepeda itu Baik (Beib) dan juga melalui literasi di beberapa media berbasis online.

Perubahan konsep

Beberapa waktu yang lalu, program “Bicara Bike, Membicarakan Segala Kebikean” di Metrum Radio, Media Terintegrasi Kaum Muda dalam Jelajah Komunitas mendapat penghargaan sebagai Gerakan Bersepeda Inspiratif terbaik dari Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub).

Penghargaan diterima di Plaza Balai Kota pada acara Hari Sepeda International yang dilaksanakan oleh Dishub Kota Bandung bersama Forkom Bandung Raya bertajuk Membangun Budaya Gerakan Bersepea #4 pada Sabtu (3/6/2023).

Hal itu memicu saya untuk mengangkat gerakan kampanye Hayu, #biketokamanawae yang selama ini saya gaungkan dengan mengubah sedikit konsep pada postingan foto bersepeda di IG Beib.

Dimulai awal Juni ini, setiap hari saya posting foto sosok-sosok pesepeda atau kelompok yang melakukan bersepeda #biketokamanawae, foto saya desain sedemikian rupa secara sederhana dan amatiran melalui fitur yang mudah dan bisa saya gunakan. Silahkan kunjungi disini: https://www.instagram.com/bersepeda_itu_baik/ 

Untuk itu, kepada para metronom bike atau sahabat bike dari mana saja yang berkenan fotonya dijadikan inspirator #biketokamanawae, kirim saja ke nomor WA 087826011672 (Cuham).

#biketokamanawae di Metrum Radio

Tak hanya itu, guna semakin mengepakan sayapnya dan memperluas informasi serta jaringan, rencana ke depan gerakan Hayu, #biketokamanawae akan dikampanyekan melalui radio dengan kembali menjalin kerjasama dengan Metrum Media.

Konsep yang digunakan diawali dengan monolog template kampanye #biketokamanawae, lalu usai jeda satu atau dua lagu ada story telling trek-trek atau destinasi bersepeda, trik dan tips, pengalaman bersepeda khususnya bersepeda harian, dan sebagainya. Program ini rencana akan rutin dilakukan sebulan dua kali, dengan durasi tayang 30 menit. Untuk hari dan wktu tayangnya masih dalam proses pembahasan.

Ilustrasi, bersepeda kemana saja, minimal untuk jarak dekat (Foto: news.ucsb.edu).*

Menariknya, Hayu #biketokamanawae, Metrum Radio rencananya akan menjadi salah satu program pertukaran bersama Radio Taiwan International (Rti), dimana penandatangan Letter of Inten (LOI) sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Jakarta. Simak selengkapnya disini https://metrum.co.id/radio-taiwan-internasional-dan-metrum-menjalin-kerja-sama/ 

Tunggu tanggal mainnya, semoga bisa berjalan dengan bike.

Hayu bersepeda #biketokamanawae minimal untuk jarak yang pendek. Tetap bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika, karena bersepeda itu baik.

Salam boseh dan go green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik/Beib)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.