METRUM
Jelajah Komunitas

Giro d’Italia 2022: Simon Yates Tercepat ITT Etape II

BUDAPEST, HUNGARIA – Simon Yates (29) salah satu unggulan untuk menjuarai grand tour Giro d’Italia 2022, tampil meyakinkan membuat kejutan memenangi etape II nomor ITT 9,2 km di Budapest ibukota Hungaria yang menjadi tuan rumah awal Giro tahun ini untuk tiga etape.

Pada etape II Individual Time Trial 9,2 km di pusat Kota Budapest, Yates (Tim BikeExchange-Jayco/Inggris) mencatat waktu tercepat 11 menit 50 detik, sementara pemegang kaus pink Mathieu Van der Poel (Alpecin/Belanda) yang start paling akhir sebagai pimpinan klasemen juga tampil melebihi prediksi, mampu melaju kencang dengan waktu 11 menit 53 detik, terpaut hanya 3 detik menempati urutan kedua sekaligus memastikan kaus pink masih dikuasainya.

Mantan juara Giro d’Italia 2017 Tom Dumoulin (Jumbo Visma/Belanda) menempati posisi ketiga dengan waktu 11 menit 55 detik. Sementara unggulan lainnya, di antaranya Vincenso Nibali (Astana/Italia) menempati urutan ke-12 (+19 detik), ke-18 Pelo Bilbao (Bahrain Victorious/Spanyol) +26 detik, dan ke-19 juara Giro 2019 yang juga juara Olimpiade Tokyo 2021 Richad Carapaz (Ineos/Ekuador) dengan waktu + 28 detik.

Van der Poel masih teratas

Setelah etape II, Van der Poel (Alpecin) masih menguasai kaus pink dengan keunggulan 11 detik atas Simon Yates (BikeExchange) dan ketiga Tom Dumoulin (Jumbo Visma) + 16 detik.

Yates sebagai pemenang ITT 9,2 km etape II mengatakan pada jumpa pers, merasa bangga bisa menjadi pemenang karena ia sendiri tak diunggulkan di nomor ITT ini.

“Saya bagus di rute tanjakan, itu keahlian saya. Kalo ITT-nya menanjak saya pasti bisa tampil baik juga, tapi menang di ITT rute datar suatu kejutan dan ini menjadi modal penting untuk bisa mencapai target saya dan juga tim kami BikeExchange, menjadi juara Giro 2022. Posisi sekarang di urutan kedua klasemen, seharusnya bisa meningkat ke urutan teratas klasemen saat etape IV rute tanjakan ke Mt. Etna di pulau Sicilia Italia nanti,” ungkap Yates.

Minggu (8/5/2022), etape III hari terakhir di Hungaria menempuh rute datar 201 km Kaposvar –Balatonfured 201 km. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.