METRUM
Jelajah Komunitas

Gores.com, Komunitas pesepeda “Bike to Factory” di Bandung Selatan

KABUPATEN Bandung, khususnya di wilayah Bandung Selatan tak mau kalah dengan Kota Bandung dalam hal aktivitas bersepeda. Geliat bersepeda begitu semarak di daerah itu. Apalagi Bandung Selatan merupakan surganya bagi para pegiat sepeda, karena wilayah itu menyimpan banyak jalur dan trek-trek sepeda yang cukup menantang dan memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Sebut saja daerah Ciwidey, Pangalengan, Kamojang, Cisanti, Jayanti, Gunung Puntang, Gambung, dan masih banyak lagi. Lokasi-lokasi tersebut merupakan tempat tujuan bersepeda yang sudah akrab di kalangan goweser Bandung Raya dan sekitarnya.

Seiring perkembangan, di daerah Bandung Selatan juga banyak bermunculan komunitas-komunitas pesepeda baik berdasarkan kesamaan hobi, jenis sepeda, merek sepeda, usia, hingga gender. Bahkan, Gowes Baraya Bandung (GBB) salah-satu komunitas pesepeda tereksis dengan jumlah anggota terbesar di wilayah Bandung Raya karena mencakup lintas sektoral, juga memiliki anggota cukup banyak di wilayah ini, yaitu GBB wilayah Bandung Selatan.  

Di Kabupaten Bandung, salah satu komunitas sepeda yang belum lama terbentuk adalah Gores.Com atau Goweser Ceres Community. Komunitas ini merupakan para pesepeda yang berkumpul karena mereka sama-sama bekerja di sebuah perusahaan produsen makanan ringan berbahan coklat di daerah Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung.

Dalam perusahaan coklat tersebut, sebenarnya aktivitas bersepeda sudah ada sejak lama, karena untuk beberapa karyawan seperti security dan bagian maintenance dalam melakukan kerjanya mereka biasa mengitari pabrik dengan menggunakan sepeda, sehubungan luasnya wilayah pabrik dan jarak antar gedung yang lumayan berjauhan di dalam area pabrik.

Berharap Dukungan Perusahaan

Berawal dari hobi yang sama yaitu bersepeda, kemudian para karyawan di satu perusahaan yang sama ini membuat whatsApp group dan mereka sepakat membentuk komunitas sepeda di penghujung Tahun 2018. Awal Desember 2018 tersebut menjadi tonggak bersejarah terbentuknya komunitas dan pertama kali mereka melakukan gowes bersama yang disepakati untuk dilaksanakan setiap bulan di minggu pertama.

Seiring waktu berjalan, bertambahnya jumlah karyawan di perusahaan dan antusiasme para pekerja terhadap aktivitas bersepeda, jumlah anggota semakin bertambah. Saat ini anggotanya berjumlah 85 orang, terdiri dari berbagai departemen di lingkungan perusahaan, mulai dari departemen snack, twister, dragees, maintenance, hingga iss. Jenis sepeda yang digunakan pun beragam, ada MTB, sepeda lipat, dan Minion.

Tempat parkir sepeda di lingkungan Perusahaan Ceres (Dok. Gores.Com).*

Hasil diskusi dan tukar pendapat sesama goweser di dalam perusahaan, akhirnya mereka sepakat memberi nama komunitas sepeda mereka dengan nama Gores.Com (Gowes Ceres Community). Susunan pengurus Gores.Com adalah sebagai berikut:

  • Penasihat : Hadi, Andi, Gede
  • Ketua : Ferry Firnando
  • Sekretaris : Aditya

Misi dan visi

  • Menjalin silaturahmi sesame pekerja di lingkungan perusahaan melalui bersepeda.
  • Berpartisipasi dalam mengurangi polusi udara dan kemacetan dengan mengusung Bike to Factory (bersepeda ke pabrik).

Saat ini, Komunitas Gores.Com terus berupaya mendekati atasan dan berbagai pihak di perusahaan dengan harapan ada dukungan dan perhatian terhadap aktitivitas bersepeda yang mereka lakukan. Selain itu, mereka juga mencari mitra bersama dengan membentuk kerjasama dengan perusahaan lain di sekitarnya yang juga memiliki para pegiat sepeda. Intinya, mereka bercita-cita ingin mebentuk sebuah wadah atau forum komunikasi pegiat sepeda bagi karyawan berbagai perusahaan di seputaran Kabupaten Bandung.

Dulu, ada karyawan pesepeda bernama Ugun Suganda (almarhum) yang terus berjuang mengajukan adanya tempat parkir sepeda di perusahaan, hingga akhirnya ajuannya dikabulkan perusahaan. Kini, tempat parkir tersebut bermanfaat dan dapat digunakan oleh karyawan pesepeda generasi sekarang di perusahaan tersebut. Komunitas Gores.Com berharap agar perusahaan terus mendukung dan meningkatkan berbagai fasilitas bagi karyawan yang menggunakan sepeda, apalagi sekarang mereka sudah terorganisir dalam sebuah wadah komunitas.

Rencana ke depan, Komunitas Gores.Com berkeinginan membentuk Divisi Srikandi atau pesepeda perempuan, dikarenakan mulai banyak pesepeda perempuan yang menggunakan transportasi sepeda menuju tempat kerja dan ingin bergabung bersama rekan-rekan pekerja lainnya dalam satu perusahaan di komunitas.

Saat ini, sebagai komunitas sepeda yang belum lama terbentuk, kegiatan bersepeda yang dilakukan Gores.Com hanya gowes bersama saja. Pada masa pandemi, mereka memilih untuk mematuhi anjuran pemerintah dengan menghentikan sementara kegiatan bersepeda bersama atau gowes bareng. Bahkan, untuk menghindari kerumunan, rencana kegiatan launching jersey komunitas tertunda sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

“Sementara ini kami menganjurkan kepada semua anggota, jika ingin bersepeda, lakukan sendirian saja dan tetap mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan,” tutur Ferry Firnando saat diwawancara melalui whatsapp.

Lebih jauh, dalam rangka meningkatkan eksistensi, wawasan, dan jaringan serta turut dalam kampanye membangun masyarakat berbudaya bersepeda, Gores.Com ikut bergabung dalam wadah Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya. Salam boseh dan go green, salam sehat. Bersepeda SMART dan tetap waspada! (Cuham, Bersepeda Itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: