METRUM
Jelajah Komunitas

Jaga Kans Lolos Piala Dunia 2022, Portugal Wajib Menang Lawan Republik Irlandia

PINTU ke putaran final Piala Dunia 2022 sudah terbuka untuk Portugal. Untuk melangkah masuk, Selecao das Quinas hanya perlu menang atas tuan rumah Republik Irlandia, pada laga ketujuh fase kualifikasi Grup A, di Stadion Aviva, Dublin, Jumat (12/11/2021) dini hari WIB.

Laga itu menjadi kesempatan emas bagi Portugal untuk melengserkan Serbia dari puncak klasemen. Saat ini, tim pimpinan Fernando Santos berada di posisi kedua dengan koleksi 16 poin dari enam laga, terpaut satu angka dari Serbia yang sudah bermain tujuh kali.

Pelatih Portugal Fernando Santos menegaskan, untuk mengambil alih puncak klasemen dan menjaga kans lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai juara grup Selecao das Quinas wajib menundukkan Republik Irlandia. Kalau menang, Portugal cukup bermain imbang kontra Serbia pada laga pamungkas.

“Apa pun yang akan terjadi, salah satu dari dua tim ini (Portugal dan Serbia) akan gagal melangkah sebagai juara grup. Oleh karena itu, dua laga sisa ini akan menentukan. Kami harus bisa menang atas Republik Irlandia, ini menjadi partai yang lebih menentukan,” ujar Fernando Santos, seperti dikutip dari Sky Sports.

Tak ada keraguan dalam performa Portugal menjelang lawatan ke Dublin. Lima kemenangan beruntun dengan produksi 16 gol dan hanya kebobolan dua kali menandakan kondisi prima Selecaodas Quinas. Portugal melucuti Qatar 3-0 pada laga persahabatan sebelum menghancurkan Luksemburg 5-0 pada laga kualifikasi terakhirnya dengan trigol dari Cristiano Ronaldo dan masing-masing satu gol karya Joao Palhinha serta Bruno Fermandes.

Cristiano Ronaldo akan tetap menjadi tumpuan penyerangan Portugal, didukung striker Liverpool Diogo Jota, gelandang serang Manchester City Bernardo Silva, dan pemain Manchester United Bruno Fernandes sebagai pengatur permainan.

Laga kandang atau tandang seperti bukan masalah bagi Portugal. Pepe dan kawan-kawan menang dalam enam dari tujuh pertandingan tandang Kualifikasi Piala Dunia terakhir mereka. Portugal bahkan belum pernah mengalami kekalahan dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia sejak September 2016.

Selecao das Quinas juga dibekali rekam jejak positif menghadapi Republik Irlandia berupa dua kemenangan dengan hanya sekali kalah dalam lima pertemuan terakhir. Pada pertemuan pertama kualifikasi September lalu, Portugal menang berkat gol pengukir rekor dari Cristiano Ronaldo. Bahkan pada 2014, Portugal menghajar Republik Irlandia 5-1 di markas lawan.

Namun dengan segala keunggulan kualitas pemain, superioritas rekam jejak pertemuan, dan tren apik performa kekinian bukan berarti garansi kemenangan sudah menjadi milik Portugal.

Republik Irlandia memang sudah tak punya harapan untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Namun, tim pimpinan Stephen Kenny itu dipastkan bakal tetap tampil habis-habisan demi menjaga kehormatan di depan pendukung sendiri.

Callum Robinson dan Chiedozie Ogbene akan menjadi andalan untuk mendobrak pertahanan tim tamu. Pada laga terakhirnya, Republik Irlandia mampu menghajar Qatar 4-0 setelah sebelumnya menghajar tuan rumah Azerbai jan 3-0. Irlandia juga tak terkalahkam dalam empat laga beruntun sejak awal September dengan produksi sembilan gol dan hanya kalah dua kali dari 14 pertandingan terakhir mereka di kandang.

Rapor itu menjadi peringatan bagi Portugal yang justru kalah 0-1 akibat gol tunggal Andrew O’Brien pada kunjungan terakhir mereka ke Dublin 16 tahun silam. (M1-Arif Budi K/ PR, 11/11/2021)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: