METRUM
Jelajah Komunitas

Jelang Tour de France 2024: Pukulan Bagi Tim Visma, Sepp Kuss Batal Tampil!

FLORENCE, ITALIA (METRUM) – Hanya tiga hari jelang lomba balap sepeda paling terkemuka Tour de France (TdF) ke-111/2024 yang akan dimulai Sabtu (29/6/2024) di Florence – Italia, tim unggulan juara bertahan TdF 2022, 2023 tim Visma Leasae a Bike merilis kabar buruk, atlet pendukung utama bagi juara bertahan Jonas Vingegaard, sang letnan Sepp Kuss (AS) terpaksa tidak bisa tampil karena kondisinya tidak fit seperti diharapkan akibat terkena Covid  “ringan” sewaktu mengikuti lomba pemanasan Tdf, yaitu Criterium Dauphine 2024, awal Juni lalu sehingga tidak bisa menyelesaikan lomba tersebut.

“Kondisinya sebenanya sudah membaik pada 10 hari terakhir untuk bisa tampil di TdF, namun pada tes kebugaran yang dilakukan dokter tim Visma dua hari lalu, Kuss tidak pada kondisi optimal untuk mengikuti lomba seberat TdF yang menempuh jarak hampir 3.500 km terbagi 21 etape. Pemulihan Covid-nya tak sesuai harapan dan terpaksa posisinya digantikan, atlet cadangan Bart Lemmen (28) asal Belanda yang baru bergabung masuk tim Visma tahun ini,” ungkap Merijn Zeeman Direktur Sport tim Visma.

“Ini adalah pukulan berat bagi tim Visma karena Sepp Kuss adalah pendukung utama bagi Jonas Vingegaard di rute tanjakan penting ketika menjadi juara TdF 2022 dan 2023. Bahkan Kuss tahun lalu juga mampu menjadi juara ‘grand tour’ Vuelta a Espana (Tour Spanyol) 2023. Situasi jadi semakin berat bagi perjuangan Jonas yang baru pulih dari cedera parah yang dideritanya pada balapan Basque Country (Spanyol) April lalu, patah tiga tulang rusuk yang membuat paru parunya bocor, dan patah tulang pundak. Tanpa hadirnya Kuss, semakin sulit bagi Jonas,” jelas Zeeman.

Bart Lemmen meski baru januari 2024 bergabung ke tim Visma namun telah membuktikan punya kemampuan baik di rute tanjakan. Lemmen menempati angking kedua klasemen Tour de Norwegia 2024 dan di awal tahun masuk lima besar Tour Down Under (Australia) dan 10 besar Tour UAE.

“Penampilanya cukup baik di tanjakan dan dia akan bekerja keras untuk mendukung Jonas di rute tanjakan TdF, kami percaya akan kemampuanya membantu Jonas di tanjakan bersama Matteo Jorgensen,” ujar Zeeman.

Susunan atlet tim Visma Lease a Bike pada TdF 2024:

  1. Wout Van Aert (29) Belgia.
  2. Jonas Vinegaard (27) Denmrk.
  3. Ties Benoot (30) Belgia.
  4. Wilco Kelderman (33) Belanda.
  5. Matteo Jorgensen (24) AS.
  6. Bart Lemmen (28) Belanda.
  7. Christophe Laporte (31) Prancis
  8. Jan Tratnik (34) Slovenia. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.