METRUM
Jelajah Komunitas

Kenali Cara Diet Sehat untuk Penderita Penyakit Maag

PENDERITA penyakit maag sering kali kesulitan menjalani diet. Pasalnya, jika terlambat makan, maag bisa kambuh. Diet adalah cara yang dilakukan untuk mengatur jumlah dan memilih makanan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya menurunkan berat badan, mengendalikan kadar kolesterol tubuh, hingga mempercepat penyembuhan penyakit tertentu.

Penyakit maag adalah suatu kondisi timbulnya luka di lapisan saluran pencernaan. Maag dapat terjadi di bagian usus kecil, lambung, hingga kerongkongan. Penyebab utama penyakit maag adalah bakteri Helicobater pylori.

Penderita penyakit maag tak boleh membiarkan perut dalam keadaan kosong terlalu lama. Penderita maag juga sensitif dengan makanan yang pedas dan asam. Dalam menjalani diet, penderita maag harus menghindari hal-hal tersebut. Berikut beberapa cara dalam menjalankan diet bagi penderita penyakit maag.

Pilih makanan yang tepat

Cara diet untuk penderita maag (Sumber foto: healthy.grid.id).*

Bagi yang punya sakit maag harus pintar memilih jenis makanan yang aman untuk asam lambung sekaligus tidak membuat berat badan naik. Kunci utamanya adalah memilih makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak, tapi tinggi protein. Contohnya yaitu ikan, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa gajih, dan telur ayam bagian putihnya saja.

Perhatikan juga asupan karbohidrat. Karbohidrat yang terlalu banyak tidak hanya membuat berat badan cepat naik, tapi juga memperparah gejala asam lambung. Solusinya mengganti dengan asupan karbohidrat dari buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Atau pilih sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi, seperti nasi merah dan roti gandum.

Atur porsi makan

Makan dengan porsi sedikit namun sering, ikuti aturan “makan sedikit tapi sering lebih baik daripada porsi besar dalam sekali makan”. Biasakan makan 5-6 kali sehari namun dengan porsi kecil. Makan dalam jumlah kecil dengan jenis makanan yang tepat dapat membantu mengendalikan berat badan. Bahkan, hal ini juga bisa mengurangi gejala asam lambung yang sering kambuh.

Konsumsi makanan dengan serat yang tinggi

Cara diet untuk penderita maag (Sumber foto: honestdocs.id).*

Selain protein, dalam diet juga perlu diperhatikan asupan serat pada tubuh. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, serat juga mampu mempelancar pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat menurunkan risiko maag kambuh. Makanan yang tinggi serat meliputi gandum, polong-polongan, biji rami, kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan.

Itulah beberapa cara diet yang baik untuk penderita maag. Perlu diingat diet tidak perlu dipaksakan, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. (Nafila Sekar/JT)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: