METRUM
Jelajah Komunitas

Kolaborasi Peace Generation dan Eco Camp Lahirkan Agen-Agen Perdamaian dan Lingkungan

PEACE Generation dan Eco Camp berkolaborasi menyelenggarakan program pembelajaran perdamaian dan kesadaran lingkungan kepada 29 siswa dari 10 SMP di Jakarta dan Bandung. Program bertajuk Heroes of Peace and Ecology (HOPE) tersebut diselenggarakan di Eco Camp Bandung, pada Kamis-Jumat, 14-15 Juli 2022.

Pada program ini, para siswa diajak untuk saling berkenalan dan bekerja sama dengan siswa dari sekolah lain yang memiliki perbedaan latar belakang budaya dan agama. Mereka juga diajak untuk mengeksplorasi Taman Hutan Raya Bandung hingga merasakan pengalaman berkebun di Eco Camp untuk melatih kepekaan mereka terhadap alam.

“Harapannya mereka dapat mengamati secara langsung relasi alam dan manusia sehingga dapat membalas kebaikan alam melalui cara-cara sederhana yang bisa dilakukan,” jelas Regi, salah satu coach dari Eco Camp.

Pada akhir acara, para siswa ditantang untuk memecahkan persoalan lingkungan dan sosial di sekitar mereka melalui kelompok-kelompok kecil yang berisi 4 sampai 5 orang. Nantinya, selama dua minggu ke depan, mereka akan mengampanyekan aksi-aksi sosial dan lingkungan di akun media sosial mereka dengan bimbingan para coach dari Peace Generation dan Eco camp. 

Salah-satu kegiatan dalam Program Heroes of Peace and Ecology (HOPE) di Eco Camp Bandung (Foto: Dok. Peace Generation).*

Eric Lincoln selaku pendiri Peace Generation sekaligus fasilitator dalam acara tersebut menjelaskan bahwa program HOPE bertujuan untuk mendorong partisipasi siswa SMP dalam menjaga kelestarian alam dan mempromosikan perdamaian di lingkungan mereka masing-masing.

“Harapannya dalam semua bidang, anak-anak ini akan bertanggung jawab untuk mengubah keadaan sendiri. Bukan hanya sebagai penonton, tetapi juga menjadi bagian dari solusi,” jelasnya. 

Fidelia, siswa asal SMPK 4 BPK Penabur Bandung mengaku senang dapat mengikuti program tersebut karena mendapat banyak pengalaman dan ilmu baru. “Kedepannya, aku berharap dapat menerapkan ilmu yang didapat dari sini ke lingkungan sekitar aku,” kata Fidelia.

Program HOPE merupakan bagian dari rangkaian program untuk menciptakan Agent of Peace (AoP)  2022 yang akan mencapai puncaknya pada program AoP Summit 2022. Rencananya, AoP Summit akan diselenggarakan pada 9-11 September di Sumedang. Acara tersebut akan mempertemukan para siswa dan guru dari berbagai daerah, budaya, dan agama untuk merumuskan tujuan bersama dan memecahkan berbagai persoalan sosial di lingkungan masing-masing. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: