METRUM
Jelajah Komunitas

Live Streaming, Amazon Siarkan Anugerah Musik Country

STABILNYA pendapatan dari investasi siaran olahraga langsung lewat streaming, mendorong Amazon berani bertaruh untuk menayangkan langsung acara penghargaan musik.

Amazon akan mengudarakan secara eksklusif penganugerahan Academy of Country Music Awards tahunan ke 57 dari Las Vegas di Prime Video Amazon Senin malam (7/3) dalam format seperti konser, tanpa iklan.

Namun mengingat sebagian besar acara penganugerahan penghargaan telah berjuang keras meraih penonton karena terus turunnya rating atau peringkat dari tahun ke tahun tahun, maka pertanyaannya adalah apakah penonton akan beralih dari siaran secara konvensional di televisi ke jalur streaming?

Dilansir dari VOA, kepala Amazon Studios, Jennifer Salke, kepada Associated Press mengatakan acara musik live lain yang mereka selenggarakan – termasuk acara amal Ye & Drake pada bulan September – menunjukkan peningkatan minat pada konten streaming.

“Anda dapat melihat bahwa ini adalah bidang di mana kami berinvestasi, dan kami pikir hal ini akan membantu membangun peluang langsung yang menarik bagi pelanggan untuk berbagi momen budaya yang lebih besar dengan konten yang mereka sukai,” ujarnya.

Reputasi Academy of Country Music yang dikenal sebagai pertunjukan yang menyenangkan, mengundang dan inklusif, membuat layanan streaming Amazon berupaya menghubungkan pertunjukkan itu dengan para penggemar musik country yang mendengarkan Amazon Music. Untuk pendengar yang menginginkan pengalaman yang lebih fokus pada musik, Prime Video akan menawarkan pertunjukkan yang sudah diedit dengan hanya menampilkan pertunjukkannya saja.

“Kami merasa cukup yakin dengan basis penonton musik country yang besar, bahwa kami akan dapat mengajak banyak orang untuk menyaksikan acara ini dan menikmatinya lewat streaming,” tambah Salke.

Jenis Konten Siaran Jadi Faktor Penting Live Streaming

Manajer Klien di Kantar Entertainment on Demand, Hannah Avery, mengatakan streaming siaran langsung pertandingan NFL di Amazon telah menarik lebih banyak pelanggan ke platform streaming. “Hanya NFL saja yang menambah 4% pelanggan baru dalam kuartal keempat tahun 2021,” ujar Avery.

Tetapi jenis atau tipe konten siaran langsung merupakan faktor penting. Paramount+ telah memegang hak siaran streaming untuk Grammy Awards tahun 2021 lalu, tetapi tidak menjadi faktor yang mendorong pelanggan baru ke layanan itu, tambahnya.

Amazon akan mulai menyiarkan pertandingan NFL melalui streaming (foto: ilustrasi).
Amazon akan mulai menyiarkan pertandingan NFL melalui streaming (Foto: ilustrasi-AP).*

Mengukur keberhasilan acara penghargaan streaming saja akan didasarkan pada berapa banyak orang yang menonton dan berapa banyak pelanggan baru yang akan bergabung untuk menonton acara ini secara khusus. Tetapi Avery mencatat bahwa metrik utama lainnya adalah keuntungan jangka panjang bagi Prime Video.

“Jika seseorang bergabung untuk menonton sesuatu yang sangat spesifik, bagaimana kita membuat mereka tetap bertahan setelah acara itu berakhir dan tidak membatalkan keanggotaannya?” ujar Avery. Ditambahkannya, terlepas dari seberapa baik kinerja Academy of Country Music di Amazon, ia berharap akan ada pertumbuhan untuk konten streaming acara live.

Amazon Tantang Hadirkan Acara yang Buat Penonton Tak Pindah Saluran

Produser Academy of Country Music, RA Clark, mengatakan Amazon menantangnya untuk memikirkan kembali format acara penghargaan itu secara signifikan. Pertunjukkan tahun ini, yang akan dilangsungkan di Stadion Allegiant, akan terlihat seperti acara olahraga dengan tiga panggung, kamera laba-laba di atas kepala, aksi tanpa henti dan grafis yang luar biasa.

Acara Academy of Country Music akan dibagi dalam segmen, dan tidak tersebar di antara lagu atau penampilan musisi. Durasi satu bagian pertunjukkan acara adalah 35 menit, tanpa interupsi.

“Hal ini memungkinkan kami untuk meninggalkan semua kebiasaan selama ini dan mengatur kembali acara Academy of Country Music ini,” ujar Clark.

Semua konten di Prime Video akan bebas komersial dan akan menyertakan versi pra-pertunjukkan karpet merah yang dapat dibeli dengan barang-barang yang dikuratori oleh Amazon Fashion.

“Di dunia Amazon, kami kini memiliki pelanggan. Tidak lagi sekedar orang yang melihat sesuatu secara pasif,” tambah Clark.

Bagi musisi seperti Jimmie Allen, yang akan menjadi pembawa acara bersama Gabby Barrett dan Dolly Parton, live streaming merupakan masa depan musik country.

“Tentu saja ini merupakan hal baru, khususnya bagi musik country,” ujar Allen, yang akan tampil dua kali dalam Academy of Country Music Awards nanti. “Sebagaimana musik country yang terus ingin maju dan memperluas cakupan, kami juga punya penggemar yang mendengar musik pop dan hip hop, dan mereka terbiasa mendengarkannya secara langsung, tanpa perlu menunggu.”

Allen sangat menantikan pertunjukkan selama dua jam itu Senin malam nanti, meskipun ini berarti hampir tidak boleh ada ruang untuk melakukan kesalahan.

“Academy of Country Music tahun ini seperti taruhan: masuk dan keluar dan cepat,” guraunya.

Format streaming baru ini berarti lebih sedikit gangguan bagi fans di rumah, tambahnya. “Hal terbesar yang ingin dilakukan dengan pertunjukkan ini adalah mempertahankan perhatian dan tidak memberi mereka kesempatan untuk pindah saluran atau channel,” tegasnya, karena “jika mereka pindah saluran, mereka akan kehilangan sesuatu dari acara itu.” (M1-VOA/em/lt)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.