METRUM
Jelajah Komunitas

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unla Gelar Seminar Nasional Visi Komunikasi Efektif di Era Digital

KOTA BANDUNG (METRUM) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Langlangbuana (Unla) Bandung menyelenggarakan Seminar Nasional pada Minggu, 25 Juni 2023 bertempat di Gedung Brataadmadja Sanggar Bratanada, Jalan Airbus No. 1 B Sukajadi, Kota Bandung.

Seminar bertema “Visi Komunikasi Efektif di Era Digital” ini menghadirkan narasumber Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.H, S.IP., M.I.Kom dan Wakil Dekan II Fisip Unla Dina Alamianti, S.Sos., M.I.Kom.

Dalam paparannya Zakiyuddin membagikan meteri strategi komunikasi digital yang efektif.

Zakiyuddin mengungkapkan, setidaknya ada tiga rumus komunikasi efektif yaitu memahami siapa saya, siapa dia dan siapa saja.

“Siapapun yang ingin berkomunikasi dengan orang lain harus memahami dirinya, memahami apa sesungguhnya tujuan dari komunikasi yang disampaikan, tanpa mengerti tujuan maka komunikasi akan hambar dan tidak akan menemui sasaran yang diinginkan,” jelas Zakiyuddin.

“Bahkan sebelum berkomunikasi dengan yang lain setidaknya memahami lawan bicara kita, siapa dia dan bagaimana profile lawan bicara kita agar komunikasi kita sukses sesuai tujuan,” kata Zakiyuddin.

Sementara narasumber ke-2 Dina Alamianti mengungkapkan bahwa derasnya informasi di era digital memerlukan kecerdasan untuk menyikapinya.

Seminar Nasional “Visi Komunikasi Efektif di Era Digital” pada Minggu, 25 Juni 2023 di Gedung Brataadmadja Sanggar Bratanada, Jalan Airbus No. 1 B Sukajadi, Kota Bandung. (Foto: Dok. Zaki).*

“Kita harus bisa memfilter informasi yang harus kita terima. informasi apa saja yang layak kita konsumsi. Untuk memahami itu yang harus dilakukan adalah harus melek informasi, harus bisa membedakan mana informasi yang hoaks atau tidak,” tegas Dina.

Selanjutnya Dina menambahkan, sebagai komunikator agar komunikasi digital yang efektif salah satunya dengan memahami pesan yang akan disampaikan.

“Pesan yang efektif adalah pesan yang dikemas dengan baik dengan memanfaatkan berbagai saluran informasi,” kata Dina.

“Dina menyarankan untuk mengemas pesan dengan membuat konten yang efektif melalui penggunaan 5 W dan 1 H agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan jelas. “Selain itu, penggunaan 5W+1H agar tidak mengaburkan makna kebenaran yang terkandung dalam sebuah informasi,” pungkas Dina.***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.