METRUM
Jelajah Komunitas

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

IDUL Adha menjadi moment yang baik untuk beribadah dan berkumpul bersama keluarga. Saat asyik berkumpul, selain kangen-kangenan, hal yang paling banyak dilakukan adalah mengolah dan menyantap daging, khususnya kambing.

Meskipun daging kambing digadang-gadang menyebabkan kolesterol dan meningkatnya tekanan darah, daging kambing ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Di Indonesia, olahan daging kambing cukup beragam. Mulai dari dimasak menjadi sate, gulai, hingga tongseng.

Dilansir dari website alodokter, dalam 100 gram daging kambing, setidaknya terdapat 150 kalori, 27 gram protein, dan 15 gram lemak. Tak hanya itu, daging kambing juga mengandung kalium, vitamin B12, zat besi, magnesium, selenium, dan omega-3.

Banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, daging kambing sudah pasti memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi daging kambing.

Memelihara massa otot

Pada orang dewasa perlu mencukupi asupan protein sebanyak 50-70 gram setiap harinya. Jika asupan protein tidak tercukupi, maka tubuh dapat mengalami kekurangan protein. Daging kambing merupakan salah satu sumber protein atau asam amino yang baik. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga massa otot, meningkatkan stamina dan kekuatan otot, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Mencegah anemia

Dalam 100 gram daging kambing, terdapat sekitar 3,5-4 miligram zat besi yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia adalah kondisi di mana sel darah merah atau hemoglobin berkurang karena kekurangan zat besi. Kondisi ini dapat menyebabkan organ dan jaringan tubuh kekurangan oksigen, sehingga fungsinya terganggu.

Mengelola tekanan darah

Dalam 100 gram daging kambing, terkandung sekitar 400 mg kalium. Asupan kalium yang perlu dikonsumsi setiap harinya adalah sebanyak 4500-4700 gram. Kalium dibutuhkan tubuh untuk mengatur detak jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Namun harus tetap diperhatikan untuk tetap memperoleh asupan kalium dari makanan sumber kalium lainnya selain kambing. Hal ini karena kambing mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi, sehingga asupannya perlu dibatasi.

Itulah beberapa manfaat dari daging kambing yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi daging kambing secukupnya, maka kita akan mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh. (Nafila Sekar/JT) ***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: