METRUM
Jelajah Komunitas

Mencela Diri Sendiri Tanda Lebih Bahagia

APAKAH Anda kerap mencela diri Anda dengan tujuan membuat sebuah humor? Jika jawabannya iya, maka Anda memiliki tingkat kehidupan yang lebih bahagia dari sebagian orang.

Sebuah penelitian baru menunjukan bahwa mereka yang kerap mengolok-olok diri sendiri sebagai humor mempunyai tingkat kepastian hidup dan kebahagiaan yang lebih besar.

Dilansir dari The Independent, kesimpulan itu merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan di Universitas Granada. Penelitian yang diterbitkan pada Journal Personality and Individual Differences ini melibatkan 1.068 orang di Spanyol dengan rentetan usia 18 hingga 65 tahun.

Penelitian itu dilakukan dengan cara untuk mengeksplorasi berbagai jenis humor untuk menentukan sejauh mana humor dapat mengatasi kemarahan.

Analisis dilakukan dengan menggunakan kuis gaya humor Spanyol dengan laporan 32 item yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh Rod Martin dan Patricia Doris. Salah satu hasil penelitian menunjukkan, pengakuan akan penggunaan humor yang mencela diri sendiri tidak memiliki konotasi negatif.

“Secara khusus, kami telah mengamati bahwa kecenderungan yang lebih besar untuk menggunakan humor yang merugikan diri sendiri adalah indikasi nilai tinggi dalam dimensi kesejahteraan psikologis seperti kebahagiaan dan keramahan,” kata Jorge Torres Marín, salah seorang penulis penelitian ini.

Penelitian juga menunjukan bahwa humor dapat bermanfaat dalam beberapa hal salah satunya membantu dalam memperkuat hubungan sosial. Kemudian, humor dengan cara mencela diri sendiri banyak dilakukan untuk menekan kemarahan.

Meski begitu, para peneliti masih harus melakukan banyak studi untuk menganalisis perbedaan budaya humor di setiap tempat yang berbeda.(M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.