METRUM
Jelajah Komunitas

Peduli Pelestarian Alam, Karyawan Bio Farma Tanam Pohon di Kareumbi

KABUPATEN BANDUNG (METRUM) – Bio Farma, induk holding BUMN Farmasi terus berkomitmen dalam melestarikan keanekaragaman hayati melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) dengan melakukan penanaman pohon di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung yang melibatkan 19 karyawan yang berasal dari perwakilan komunitas internal Bio Farma. Secara bertahap sudah dilakukan 1.000 pohon.

Dari siaran pers Bio Farma yang diterima, Selasa (21/2/2023), kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk employee engagement melalui voluntary aktivitas Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang mengajak peran serta seluruh komunitas internal Bio Farma diantaranya, komunitas Sepak Bola, Bio Musik, Bio Boxing, Bio Farma Motor Club (BGMC), Bio Harmony, Bio Archery dan lain-lain. 

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyampaikan bahwa sebagai bentuk upaya perusahaan untuk melibatkan karyawan secara aktif dan menciptakan iklim kerja yang positif, Bio Farma melalui aktivitas TJSL mengajak peran serta dari seluruh karyawan untuk berkontribusi secara nyata dalam kegiatan TJSL.

“Kegiatan ini sebagai salah satu wujud tanggung jawab perusahaan bekerja sama dengan Departemen Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dalam upaya membangun employee engagement dan meningkatkan kepedulian serta kontribusi nyata karyawan berpartisipasi aktif dalam program TJSL,” ungkap Honesti.

“Kegiatan ini juga sesuai dengan filosofi Bio Farma yaitu dedicating to improving quality of life, yang memiliki makna bahwa kehadiran Bio Farma di masyarakat bukan hanya berperan untuk menyehatkan setiap generasi dengan produk yang kami hasilkan, tetapi memiliki peran juga untuk memperbaiki kualitas kehidupan melalui perbaikan dan pelestarian lingkungan,” tambahnya.

Kepala Divisi TJSL, Tjut Vina menyampaikan bahwa kegiatan ini, dilaksanakan sebagai bentuk untuk membangun employee engagement sekaligus wujud nyata perusahaan terhadap partisipasi aktif dalam program TJSL dengan mengangkat tema ‘Great company, creating great employees, for doing great work’.  

“Keterlibatan dan kontribusi karyawan dalam kegiatan TJSL, tidak akan berhenti pada penanaman pohon ini, namun Bio Farma akan melibatkan seluruh karyawan Bio Farma dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh TJSL diantaranya yaitu wali pohon, wali mangrove, rehabilitasi terumbu karang & kawasan pesisir, perhutanan sosial, bakti sosial kesehatan, sentra vaksinasi dan adopsi rehabilitasi fauna dilindungi,” ujar Tjut Vina.

Tujuan penanaman pohon ini untuk melestarikan hutan atau lingkungan yang ada di sekitar kita, karena pohon dan tumbuhan lainnya merupakan komponen penting dalam bagian ekosistem yang memiliki beragam fungsi penopang kehidupan, baik manusia maupun satwa liar. 

Menanam pohon merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan manusia terhadap bumi, dengan pohon dan hutan yang baik, maka akan memberikan kesejahteraan yang baik pula untuk manusia. Dengan adanya kegiatan ini, Bio Farma berharap masyarakat termasuk karyawan dapat meningkatkan kepedulian terhadap kondisi sosial, kesehatan, dan lingkungan hidup. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.